Cara Mengatasi Kecepatan Internet Indosat Dibatasi Settingan APN

iTutorial.id - Jaringan Indosat terkadang terasa lemot atau tidak lancar yang sangat mengganggu aktivitas penggunanya. Untuk memperbaiki masalah jaringan ini bisa melalui APN, lalu bagaimana cara mengatasi kecepatan internet Indosat yang dibatasi melalui settingan APN?

Sebenarnya ada berbagai cara untuk memperbaiki jaringan Indosat yang lambat agar bisa dijalankan dengan lancar kembali. Kebanyakan masalah jaringan pada Indosat terjadi karena kesalahan setting pada APN.



Access point name yang merupakan kepanjangan dari APN ini bisa mengatur gateway atau jaringan. Untuk mengatur setting pada APN agar internet kembali lancar simak berikut penjelasannya.

1. Masuk Ke Menu Setting

Pengaturan APN berada pada menu setting yang ada di ponsel Android atau jenis ponsel lainnya. Semua peraturan dan penyetingan pada ponsel memang diatur dalam menu setting yang sudah menjadi bawaan pada ponsel.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Indosat Lemot Agar Kembali Lancar

Walaupun tampilan di setiap tipe dan merek ponsel berbeda-beda namun bahasa Setting yang digunakan biasanya tetap sama. Jadi tidak perlu khawatir jika ponsel yang digunakan memiliki bentuk settingan yang berbeda cukup ikuti cara ini secara perlahan.

2. Carilah Menu Jaringan

Cara mengatasi kecepatan internet Indosat yang dibatasi  yang kedua yaitu temukan menu Jaringan. Posisi sub menu ini berbeda-beda sesuai dengan merk atau jenis ponsel yang digunakan.

Untuk mempercepat pencarian dan memudahkan pengguna biasanya ada fitur search di bagian atas setting. Gunakan fitur search dan tuliskan kata kunci jaringan untuk menemukan fitur jaringan dengan cepat.

Baca Juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Pulsa Kesedot Telkomsel

Dengan menggunakan fitur searching ini melakukan pencarian apapun pada setting akan lebih mudah dan lebih cepat. Tidak perlu khawatir lagi pada perbedaan tampilan menu atau perbedaan letak menu setting.

3. Pilih Operator Yang Sesuai

Karena di sini ini yang error atau yang terjadi masalah adalah operator Indosat maka pilih sesuai kebutuhan. Biasanya menu ini akan muncul berbeda-beda sesuai dengan kartu SIM yang digunakan pada ponsel.

Pada menu ini bisa digunakan pada masalah ketika operator kartu sim tidak ditemukan. Biasanya hal ini terjadi ketika ponsel berada pada jarak yang sangat jauh dengan tower jaringan internet dan sulit mendapatkan sinyal.

4. Tambah APN Baru

Untuk mengatur settingan APN agar tidak lemot lagi, harus ditambahkan settingan APN baru yang akan disesuaikan dengan kebutuhan jaringan yang lebih cepat. Jika sudah ada settingan lama biarkan saja dan jangan dihapus, ini dilakukan agar bisa kembali ke settingan APN awal jika terjadi masalah pada APN baru.

Pada settingan default APN bawaan dari kartu SIM memang belum di-setting untuk jaringan yang lebih cepat. Biasanya settingan bawaan dari kartu sim adalah settingan yang seadanya dan seringkali membuat jaringan menjadi lambat.

5. Sesuaikan Settingan

Settingan APN yang paling umum dan sering sekali digunakan untuk menambah kecepatan atau memperbaiki masalah pada jaringan Indosat adalah seperti berikut. Pertama isi nama ISAT UNLIMITED, kemudian pada APN tuliskan Indosat 4G, proxy diisi dengan default, lalu APN protocol dan APN roaming protocol diisi IPv4/IPv6

Baca Juga: Cara Cek Pengguna Wifi Indihome yang Bisa Dijalankan Pengguna

Setelah menyesuaikan settingan jangan lupa simpan pengaturan APN baru yang telah dibuat. Pastikan settingan yang baru sudah aktif atau sudah digunakan, untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya lakukan restart pada ponsel.

Cara mengatasi kecepatan internet Indosat yang dibatasi diatas hanya untuk proses setting dengan mengatur APN, cara lainnya bisa menggunakan aplikasi yang bernama psiphon pro. Cara ini dilakukan untuk mempercepat internet yang salah satunya karena peraturan default APN Indosat yang dibatasi.

 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Kecepatan Internet Indosat Dibatasi Settingan APN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel