Cara Cek Pengguna Wifi Indihome yang Bisa Dijalankan Pengguna

iTutorial.id - Koneksi internet wifi sering melambat atau FUP Indihome cepat habis adalah dua hal yang sering terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dilakukan pemutusan koneksi yang tidak dikenal. Namun sebelum memblokir pengguna wifi, terlebih dahulu cek pengguna wifi Indihome agar tepat sasaran. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk melihat data pengguna wifi tersebut:

1. Pakai Modem Fiberhome

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melihat data pengguna Indihome yaitu melalui pengaturan pada modem. Ini ditujukan bagi pengguna Fiberhome, yang dapat menjalankan instruksi berikut. Bukalah browser pada perangkat, lalu cari alamat IP. Setelah itu, login ke modem Fiberhome menggunakan Username dan Password. Saat sudah berhasil masuk ke modem, lanjut dengan klik Wireless Status dan pilih Wifi Client List. Maka akan muncul siapa saja yang terhubung dengan jaringan wifi.



2. Gunakan Modem ZTE

Modem kedua yang biasa digunakan oleh pengguna Indihome adalah modem ZTE. Modem ZTE juga bisa menampilkan data pengguna wifi. Untuk mengetahuinya, pengguna bisa melakukan langkah masuk ke Router ZTE menggunakan IP. Setelah itu, pilih Network dan dilanjutkan dengan klik WLAN, dannpilih Asociated Devices untuk memunculkan data pengguna wifi.

Baca Juga:

3. Pakailah Modem Huawei

Modem selanjutnya adalah modem Huawei. Sama seperti modem Fiberhome dan modem ZTE, modem Huawei juga bisa menampilkan daftar pengguna. Langkahnya pun hampir sama dengan kedua modem yang lain, yaitu dengan masuk ke dalam menu pengaturan modem menggunakan alamat IP dari Browser. Setelah masuk ke pengaturan,  tinggal klik Wired Device, otomatis akan muncul daftar para pengguna wifi.

4. Fungsikan CMD (Command Prompt)

Selanjutnya, melihat data pengguna juga bisa dilakukan melalui CMD atau Command Prompt pada peranngkat komputer. Caranya dengan menekan tombol Windows + R di komputer, setelah itu akan muncul kolom untuk pencarian. Silahkan cari CMD pada kolom yang tersedia. Baru kemudian pilih Net View dan enter. Perintah selanjutnya dengan memilih arp-a dan enter kembali. Data pengguna akan langsung terlihat.

5. Jalankan Aplikasi TP-Link

Selain menggunakan modem, data pengguna juga dapat dilihat memakai apk yang sudah disediakan oleh Google Play Store. Aplikasi yang menjadi pihak ketiga dalam penggunaan wifi bisa dijadikan alternatif untuk melihat data pengguna, tanpa harus masuk ke Dashbord modem. Salah satu aplikasi yang bisa dipakai tersebut adalah TP-Link. Langkahnya cukup mudah dilakukan, yakni dengan masuk aplikasi dan pilih Wireless, data pengguna akan segera muncul.

6. Pergunakan Aplikasi Fing

Aplikasi selanjutnya yang bisa melihat data pengguna Indihome adalah aplikasi yang bernama Fing. Ini merupakan apk pihak ketiga yang cukup aman untuk digunakan. Aplikasi Fing yang membantu pemilik wifi untuk melihat data pengguna ini, dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma melalui Google Play Store. Kelebihannya, mekanisme kerjanya terbilang praktis, lantaran pemilik wifi cukup scan wifi saja, lalu data pengguna akan muncul.

7. Aplikasi WiFi Monitor

Terakhir, aplikasi lain yang bisa digunakan adalah WiFi Monitor. Jenis aplikasi ini juga sudah tersedia gratis di Play Store, dan pengguna hanya perlu scan WiFi setelah mengunduhnya. Maka siapa saja pengguna WiFi bisa langsung terlihat, sehingga yang tidak dikehendaki dapat langsung diblokir.

Demikianlah, beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek pengguna Indihome dengan mudah dan aman. Sehingga tidak ada lagi pengguna tidak dikenal yang dengan bebas terhubung dengan koneksi wifi. Pasalnya, setelah berhasil melihat daftar pengguna, pastinya dapat dengan tepat memblokir pengguna yang tidak dikenal dan kecepatan internet pribadi pun terjamin kelancarannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Pengguna Wifi Indihome yang Bisa Dijalankan Pengguna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel