7 Cara Memperbaiki Memori Card Yang Tidak Terbaca

iTutorial.id - Memori card alias Kartu SD adalah perangkat keras berbentuk kartu yang berfungsi untuk menambah ruang penyimpanan pada ponsel. Seringkali banyak ditemukan kendala pada kartu SD seperti kartu yang tidak bisa terbaca padahal kartu tersebut masih belum lama penggunaannya. Jangan terburu-buru membuang kartu SD, karena masih ada cara memperbaiki memori card yang tidak terbaca yaitu :

1. Melakukan Restart Ponsel


Salah satu alasan mengapa memori card kerap kali tak terbaca bisa jadi karena ada sistem bug di dalam ponsel rusak. Untuk mengatasinya, cobalah untuk me-restart ulang ponsel, lepas memori card sebentar dan diamkan beberapa saat. Setelah itu cek kembali apakah memori card sudah kembali terbaca atau belum.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi FD Write Protected Dengan Mudah

2. Memasang Memori Card di Ponsel Lain

Cara kedua yang biasa dilakukan untuk mengatasi memori card yang tidak mudah terbaca adalah dengan memasang memori card di ponsel lain. Cara ini juga sekaligus untuk menguji dimanakah kerusakan yang sebenarnya terjadi, apakah di memori card atau di kuningan slot memori ponsel. Apabila memori card bisa terbaca di ponsel lain, maka itu artinya kuningan ponsel lah yang bermasalah. Sebaiknya segera diperiksakan di konter servis terdekat.

3. Membersihkan Badan atau Kuningan Memori Card

Bisa jadi penyebab mengapa Memori card tidak terbaca adalah karena adanya kotoran yang menempel di badan atau kuningan memori card. Cara yang paling mudah adalah coba ambil penghapus dan hapus secara lembut bagian kuningan memori card, hindari menghapus secara kuat karena bisa merusak memori card. Jika cara ini masih belum berhasil, cobalah cara yang lain yaitu dengan cara menggosokkan minyak baby oil dengan cotton buds di permukaan yang sudah disebutkan. Dengan menggosok secara telaten dan sabar, memori card bisa kembali terbaca di ponsel dan bisa digunakan.

4. Pindahkan Memori Card ke PC atau Komputer

Cara lain yang bisa dicoba dalam rangka mengembalikan memori card adalah dengan mencoba memindahkan memori card ke PC atau komputer. Jika tidak memiliki card reader, cara ini bisa diganti dengan menggunakan sambungan kabel data. Setelah tersambung di komputer, gantilah mode transfer file dari MTP (media transfer) ke MSC (Mass Storage Mode).

Baca Juga: Terbukti, Inilah 5 Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi

Setelahnya bukalah menu Eksplorer kemudian klik kanan pada menu Kartu SDSD, setelahnya klik menu Properties > Tools > Error Checking dan silahkan menunggu hingga pengecekan selesai, setelahnya memori card bisa di eject dari PC atau komputer dan coba pasangkan kembali di ponsel. Disarankan jika memori card terbaca di komputer, lakukanlah salinan data ke komputer untuk menghindari kehilangan data yang mungkin penting.

5. Gunakan aplikasi Mini Tools Partition Wizard

Cara memperbaiki memori card yang tidak terbaca selanjutnya adalah dengan aplikasi Mini Tools Partition Wizard. Jika memori card masih ada di PC, cobalah sekalian membuka aplikasi tersebut. Pilih menu check file system  dan klik Check and Fix detection error, lalu klik menu start. Tunggulah hingga proses selesai.

6. Memformat Kartu Memori

Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan memformat memori card. Cara ini memang beresiko menghilangkan semua file yang ada di dalam.memori card tersebut. Mulai dari file foto, musik, videonya, dan dokumen dokumen lainnya. Namun, setelah memori card diformat, memori card bisa digunakan kembali dengan kondisi seperti baru.

Baca Juga: Begini Cara Nonton Youtube Sambil Membuka Aplikasi Lain Di Samsung

7. Membawa Memori Card ke Tempat Servis Terdekat

Langkah yang paling akhir adalah dengan membawa memori card ke tempat servis. Petugas servis akan melakukan pengecekan secara mendalam dan detail ke memori card. Petugas servis juga akan melakukan pembenaran tanpa perlu memformat kartu. Jika kerusakan tidak terlalu parah, biasanya memori card akan kembali ke tangan  penggunanya yang dengan keadaan yang kembali normal. Namun jika kerusakannya sudah parah, maka memori card bisa kembali dalam keadaan terformat atau bahkan tidak bisa digunakan lagi. Jika seperti ini, disarankan untuk mengganti memori card.

Memori card ini memanglah termasuk salah satu perangkat yang penting di ponsel. Jika memori card tidak terbaca pastilah para pengguna nya akan merasa gelisah dan resah. Cara memperbaiki memori card yang tidak terbaca ini dapat dicoba karena sudah melewati proses riset. Selamat mencoba dan semoga memori card yang rusak itu bisa kembali terbaca!

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Memperbaiki Memori Card Yang Tidak Terbaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel