5 Cara Mengecek Sinyal Wifi Menggunakan PC dan Laptop

iTutorial.id - Munculnya gangguan kecepatan internet biasanya disebabkan karena terdapat kendala pada sinyal WiFi. Akan tetapi masih banyak yang tidak tahu cara mengecek sinyal WiFi terutama untuk pengguna PC dan laptop. Oleh sebab itu, akan dijelaskan cara lengkap pengecekan sinyal WiFi sebagai berikut:



1. Menggunakan PowerShell

Apakah pernah mendengar istilah PowerShell? PowerShell ini termasuk jenis command line interface yang pada dasarnya selalu mendukung segala teknik pemrograman pada Windows. Kegunaan PowerShell ini dapat dilihat saat menjalankan berbagai pengaturan jaringan pada server yang berbasis Windows. Untuk cara penggunaannya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, klik kanan di menu Start lalu pada Windows PowerShell klik dua kali.
  • Selanjutnya masukkan perintah : (netsh wlan show interfaces) -Match ‘^s+Signal’ -Replace ‘^s+Signals+:s+’,”.
  • Setelah diinput langsung tekan Enter.
  • Tunggu hingga muncul persen kekuatan sinyal WiFi yang sedang digunakan.
  • Proses selesai.

2. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt (CMD) dikenal sebagai perintah yang memudahkan penggunanya saat menjelajahi Windows, termasuk untuk memperkuat sinyal. Selain itu, kekuatan sinyal juga bisa dicek dengan CMD ini menggunakan perintah seperti netsh int tcp. Untuk panduan lengkapnya, simak langkah dibawah ini:

  • Tekan pada keyboard tombol Windows+R dan ketik perintah CMD lalu Enter.
  • Setelah itu salin perintah berikut : netsh wlan show interfaces.
  • Lihatlah pada layar maka akan muncul persentase kekuatan sinyal di bagian signal.

3. Menggunakan Utilitas Sistem Operasi Bawaan

Pada umumnya, utilitas bawaan selalu dimiliki oleh Microsoft Windows yang fungsinya sebagai pemantau koneksi jaringan nirkabel (tanpa kabel). Ini termasuk cara mengecek sinyal WiFi yang sangat cepat dan mudah. Sehingga tak perlu heran jika banyak yang merekomendasikan cara tersebut.

Baca Juga:

Ikon yang menunjukkan kekuatan WiFi terdiri dari lima baris, dimana satu dilambangkan sebagai koneksi paling buruk dan lima untuk koneksi terbaik. Fitur ini dapat ditemukan pada menu Network and Sharing Center di Control Panel. Sedangkan untuk Mac, indikator tersebut berada di sudut kanan atas layar pada menu bar.

4. Menggunakan WiFi Analyzer

Kekuatan sinyal dengan Wifi Analyzer diketahui dalam bentuk DBi/ dBm. Aplikasi ini akan membantu menemukan semua daftar WiFi yang ada di sekitar serta menampilkan kekuatan sinyalnya sekaligus. Aplikasi ini bisa diunduh di Microsoft Store dengan mengetikkan WiFi Analyzer.

Setelah terunduh, pada menu Networks akan menampilkan seluruh daftar WiFi yang tertangkap oleh perangkat. Jika dBm-nya kecil, maka sinyalnya semakin kuat. Selain itu, pengguna juga bisa melihat semua produk yang digunakan oleh WiFi tersebut. Misalnya produk Ubiquiti, Tenda, Tp-link, Totolink, dan lainnya. Sebab itulah, Wifi Analyzer sangat direkomendasikan.

5. Menggunakan WiFi Locators

Dengan adanya WiFi Locators, aplikasi akan lakukan pemindaian pada frekuensi radio yang berada di area lokal. Tak hanya itu, pendeteksian kekuatan sinyal WiFi pun bisa dilakukan khusus titik akses nirkabel terdekat. Biasanya pencari WiFi Locators ini menggunakan satu set, kira-kira antara 4-6 LED untuk menunjukkan kekuatan sinyalnya.

Prinsip kerjanya kurang lebih sama dengan Utilitas Windows. Perlu diingat bahwa cara mengecek sinyal menggunakan metode ini bukanlah mengukur kekuatan pastinya. Namun hanya dapat melakukan prediksi untuk kekuatan sinyal tersebut.

Berdasarkan penjelasan beberapa cara mengecek sinyal WiFI diatas, manakah yang kira-kira lebih mudah untuk diterapkan? Meskipun demikian, kelima cara ini selalu melakukan pembaharuan agar pengecekan sinyal WiFi yang dihasilkan lebih akurat.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengecek Sinyal Wifi Menggunakan PC dan Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel