5 Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca dan Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

iTutorial.id - Data-data komputer disimpan dalam sebuah media yang disebut hardisk, tetapi kadang-kadang perangkat tersebut tidak terbaca. Sebenarnya, sangat mudah cara memperbaiki hardisk tidak terbaca. Simak terus pembahasannya agar dapat memperbaikinya sendiri.

Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca

Saat membuka PC dan hardisk tidak terdeteksi maka jangan tergesa-gera menyervisnya. Pasalnya ada beberapa cara cepat dan mudah untuk memperbaikinya sendiri.



1. Reinstalling Driver Hardisk

Hardisk tidak terbaca mungkin karena ada masalah pada driver-nya sehingga tidak terdeteksi oleh Windows meskipun telah dihubungkan pada port USB.

Untuk memperbaikinya pilih Device Manager dengan mengklik kanan My Computer atau ketik device manager di kolom pencarian Windows. Bila menemukan tanda seru maka ada masalah pada driver sehingga harus meng-uninstall-nya. Setelah itu, pasang kembali hardisk agar komputer menginstall driver baru.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi FD Write Protected Dengan Mudah

2. Manajemen Ulang Bagian Disk Management

Manajemen ulang pada bagian disk management yaitu salah satu cara memperbaiki hardisk tidak terbaca. Pertama klik Start pada Windows, lalu ketik disk di kolom pencariannya.

Berikutnya pilih Create and Format Hardisk Partition. Cara lain dengan memilih Windows + R pada keyboard. Kemudian akan muncul halaman Run, lalu tulis diskmgmt.msc.

Selanjutnya keluar halaman computer management kemudian Format ulang Drive. Namun cara ini dapat menghilangkan data-data pada hardisk eksternal.

3. Mengganti Letter Harddisk

Cara memperbaiki hardisk tidak terbaca yaitu dengan mengganti letter harddisk. Ada kalanya hardisk sudah tersambung tetapi tidak mempunyai letter. Misalnya C:, D:, E, dan seterusnya. Dampaknya, sistem operasi Windows tidak bisa mengenali harddisk.

Baca Juga: Cara Membuka File Pdf yang Lupa Pasword Mudah Tanpa Ribet

Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti letter harddisk dengan membuka disk management. Langkah berikutnya klik kanan pada disk yang akan diganti letter-nya.

Kemudian cari dan pilih opsi “Change Driver Letter and Path” Untuk mengubah letter pada drive pilih “Add” atau “Change”. Ikuti arahan penggantian letter sampai selesai

4. Ganti Kabel USB

Untuk mengetahui hardisk tidak dapat dibaca berikutnya yaitu dengan mengganti kabel USB. Namun jangan asal mengganti, tetapi pilih yang berkualitas agar awet dipakai bertahun-tahun kemudian.

Kabel USB bermasalah bisa mengganggu transfer data serta daya listrik. Hal ini juga menjadi faktor penyebab data tidak terbaca. Setelah USB diganti maka hardisk akan terdeteksi kembali.

5. Ganti Casing Hardisk

Hardisk eksternal mempunyai casing yang bertujuan untuk melindungi isi Hardisk. Seandainya ada komponen casing yang rusak maka akan berpengaruh pada isi komponen Harddisk itu sendiri.

Oleh karena itu, casing harddisk harus dicek apakah ada kerusakan. Bisa juga ada konektor yang kurang pas antara power dan SATA pada bagian Hardisk.  

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

Saat membuka laptop atau komputer ternyata operasi sistem tidak bisa mendeteksinya. Hal ini terjadi karena ada beberapa penyebab yang dialami PC.

  • Kemungkinan pertama Windows tidak mengenali harddisk atau drive karena pengaturan sistemnya bermasalah
  • Ada masalah pada kabel USB baik pada bagian kabel data atau pengisi daya sehingga mempengaruhi yang lainnya
  • Casing berisi port SATA dengan converter menuju USB. Bila casing longgar maka hardisk tidak akan terdeteksi saat disambungkan pada komputer
  • Listrik mati secara tiba-tiba juga dapat menjadi penyebab rusaknya komponen hardisk secara permanen
  • Hardisk sering jatuh sehingga mengalami guncangan yang menimbulkan kerusakan
  • Performa hardisk menurun karena sudah berusia 5 tahun lebih

Ada banyak penyebab kerusakan pada hardisk seperti tidak bisa membaca data. Namun kerusakan tersebut dapat diperbaiki sendiri tanpa harus pergi ke tempat servis. Pembahasan di atas merupakan cara memperbaiki Hardisk tidak terbaca oleh sistem yang praktis dan ekonomis.

 

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca dan Penyebab Hardisk Tidak Terbaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel