5 Cara Melihat Cadangan Whatsapp di Google Drive dan Memulihkannya Kembali

iTutorial.id - WA memang punya fitur yang sangat fungsional, termasuk pencadangan data otomatis. Biasanya cadangan lokal ini akan disimpan dalam Google Drive dan dibuat pada pukul 2 setiap harinya. Oleh karena itu, terapkan cara melihat cadangan whatsapp di Google Drive pada artikel ini. Sehingga pengguna WA tidak perlu khawatir jika filenya hilang.



Cara Melihat Cadangan WA

Pencadangan WA ini sangat banyak digunakan, terutama oleh para pebisnis online. Rekapan dari semua file orderannya, info tracking, dan testimoni pembeli juga ikut dicadangkan. Sebab semua file tersebut sangat berguna untuk proses evaluasi penjualan setiap bulannya. Berikut cara melihat cadangan WA tersebut.

1. Download Google Drive

Pengguna bisa membukanya di browser seperti Chrome, Mozilla, Opera Mini, Safari, atau lainnya. Selain itu, juga bisa dengan aplikasi Google Drive. Namun, aplikasi ini harus unduh dulu agar bisa diakses. Pengguna bisa download dari App Store dan juga Play Store. Pastikan memori penyimpanan masih tersedia sebelum mulai menginstall di perangkat.

2. Buka Aplikasi Google Drive

Apabila sudah didownload buka aplikasi tersebut lalu jalankan. Pada halaman utamanya, akan ada titik tiga di bagian sudut kiri atas layar, kliklah titik tersebut. Nanti pengguna akan dialihkan ke berbagai fitur yang ada pada google drive ini.

3. Pilih Opsi Cadangan

Setelah itu, google drive akan menampilkan berbagai menu seperti file terbaru, file offline, sampah, notifikasi, cadangan, setelan, dan bantuan. Untuk mengetahui cara melihat cadangan whatsapp di google drive, bisa dipilih opsi yang cadangan. Opsi tersebut terletak antara menu notifikasi dan setelan.

4. Buka Cadangan WA

Jika pengguna pernah mencadangkan file lain ke google drive, nanti akan muncul seluruh file tersebut. Namun, jika hanya satu saja yaitu WA maka hanya akan ada satu file cadangan. Biasanya file ini sudah diberikan nama otomatis oleh google drive dengan nama cadangan whatsapp lalu di belakangnya diiringi no telepon pengguna.

5. Pilih Percakapan yang Ingin Dibaca

Kini, pengguna sudah bisa mengakses berbagai percakapan yang telah dicadangkan sebelumnya. Untuk mendapatkan semuanya kembali, maka bisa menggunakan cara memulihkan cadangan WA. Setelah itu, chat akan tersalin otomatis ke aplikasi WA.

Baca Juga: 

Kelima cara diatas hanya bisa diterapkan pada perangkat HP saja seperti android dan iphone. Sementara untuk PC dan juga laptop, pengguna bisa gunakan cara lain. Sebab Google Drive harus diakses langsung dari browsernya, bukanlah dari aplikasi seperti HP.

Cara Memulihkan Kembali Cadangan WA

Pencadangan chat memang seharusnya rutin dilakukan. Sebab hal tidak terduga bisa saja terjadi kapanpun. Misalkan saja seperti rusaknya HP atau hilang. Sehingga untuk meminimalisir hilangnya percakapan serta file penting bisa gunakan cara ini.

Cara memulihkan kembali cadangan WA pada artikel ini lebih mudah karena tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk memulihkannya. Cukup download kembali aplikasi WA lalu ikuti langkah-langkah dibawah ini. Maka pengguna sudah bisa mendapatkan kembali semua file yang sudah dicadangkan sebelumnya. Caranya sebagai berikut:

  • Pertama, install kembali aplikasi WA yang sudah dihapus sebelumnya.
  • Lakukan verifikasi nomor WA dengan benar.
  • Akan muncul dua opsi yaitu pulihkan dan lewati. Untuk memulihkannya, maka bisa pilih opsi pulihkan.
  • Setelah itu, tunggu hingga pemulihannya selesai. Biasanya proses ini butuh waktu yang sedikit lama karena tergantung dari ukuran file yang sedang dipulihkan tersebut.
  • Apabila proses telah selesai, pengguna bisa melihat kembali di kolom chat bahwa semua percakapan masih ada dan tersimpan otomatis.

Namun, apabila masalah ini tidak bisa diatasi dengan cara diatas maka pengguna perlu memastikan beberapa hal. Salah satunya yaitu apakah layanan google drive dan WA yang digunakan sudah menggunakan versi terbaru atau belum. Selain itu, juga pastikan koneksi internet lancar dan stabil.

Itulah 5 cara melihat cadangan whatsapp di google drive. Hal ini sangat penting diketahui apalagi bagi pengguna android yang menggunakan WA sebagai aplikasi komunikasi utamanya. Tak hanya untuk chat saja, pengguna juga bisa cadangkan seluruh file termasuk foto, video, dan dokumen.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Melihat Cadangan Whatsapp di Google Drive dan Memulihkannya Kembali "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel