Terbukti, Inilah 5 Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi

iTutorial.id - Smartphone menjadi benda yang sangat dibutuhkan untuk berbagai macam aktivitas. Tidak heran daya baterai dari smartphone sangat diutamakan dalam penggunaannya. Pengguna smartphone yang belum memiliki fitur fast charging, tentu harus berhati-hati agar baterai tetap awet. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi baterai lama terisi sehingga baterai tetap ada saat smartphone dibutuhkan.

1. Matikan HP / Beralih ke Mode Pesawat

Mengisi baterai dalam kondisi smartphone mati, tentu dapat lebih mempercepat dalam pengisian daya. Namun beberapa pengguna tidak ingin mematikan smartphone-nya saat proses pengisian daya. Meskipun demikian, daya baterai tetap dapat bekerja maksimal dalam keadaan smartphone menyala yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat.



Dengan mode pesawat atau Airplane Mode, baterai smartphone dijamin akan cepat penuh. Namun saat mengaktifkan fitur ini, pengguna tentu tidak dapat melakukan aktivitas apapun yang berkaitan dengan sinyal. Karena fitur ini akan membuat smartphone tidak menangkap sinyal sama sekali.

2. Selalu Menggunakan Charger Original

Dengan menggunakan charger ori atau bawaan dari smartphone tentu akan membuat proses charging lebih cepat. Karena charger ori sudah dilengkapi dengan fitur yang disesuaikan dengan smartphone itu sendiri. Sebaliknya jika menggunakan charger lain maka pengisian daya akan lebih lama.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Baterai Bocor Paling Ampuh

Tidak hanya charger saja yang harus ori, namun kabel data yang digunakan juga harus ori. Dan pastikan setelah menggunakannya kabel digulung dengan baik, agar kondisi kabel tidak rusak. Karena faktor yang mempengaruhi pengisian daya lama adalah dari kondisi kabel yang buruk.

Apabila charger atau kabel bawaan smartphone rusak, maka gantilah dengan yang ori. Pastikan membelinya di toko resmi sehingga kejadian memperoleh charger palsu dapat diminimalisir.

3. Tidak Menggunakan Hp Saat Pengisian Daya

Cara mengatasi baterai lama terisi adalah dengan tidak menggunakannya saat proses charging. Apalagi jika mengisi baterai sambil bermain game. Hal ini tidak hanya akan membuat baterai lama terisi, namun juga baterai cepat rusak.

Apabila kondisi urgent dan mengharuskan smartphone tetap digunakan. Pastikan tidak menggunakannya untuk hal-hal berat seperti nonton video, mendengarkan musik, bermain game dan lainnya. Sehingga baterai smartphone akan cepat terisi dan dapat digunakan kembali.

4. Tidak Mengisi Daya Melalui PC/Laptop

Rasanya lebih efisien jika mengisi daya smartphone di PC atau laptop. Namun cara ini justru membuat baterai lebih lama penuh. Penggunaan laptop atau PC untuk mengisi daya diperbolehkan, jika laptop sudah dilengkapi dengan fitur charger plus. Maka dari itu alangkah baiknya untuk mengisi daya melalui steker listrik.

Baca Juga: Cara Menggandakan Aplikasi di Hp Vivo

Hal ini juga berlaku ketika akan melakukan pengisian daya melalui mobil. Karena penggunaan port USB di mobil membuat sistem charging tidak efisien. Alih-alih baterai cepat terisi, penggunaan port USB hanya dapat memberikan output daya sebesar 0.5A saja. Sedangkan jika melalui steker listrik akan memberikan daya hingga 1A.

5. Lepas Case

Saat ini smartphone sangat bergantung terhadap baterai lithium-ion. Di mana sifat kimia yang ada dalam baterai ini akan bekerja lebih efisien ketika kondisi baterai dingin. Suhu baterai saat proses pengisian baterai agar lebih optimal adalah antara 5 dan 45 derajat C.

Suhu baterai tersebut juga dipengaruhi oleh suhu ruangan sekitar. Sehingga dengan melepaskan casing smartphone akan mengoptimalkan proses charging karena suhu akan turun.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis pada Samsung

Namun demikian pastikan untuk tidak melakukan charging dengan meletakkan smartphone di atas kulkas. Karena proses pengisian baterai akan lebih buruk ketika suhu di bawah standar. Dan pastikan juga untuk tidak mengisi baterai di luar ruangan yang terpapar matahari.

Menerapkan beberapa cara mengatasi baterai lama terisi yang sudah disebutkan di atas, dapat dipastikan baterai cepat penuh dan lebih awet. Selain itu waktu yang digunakan dalam mengisi baterai juga lebih hemat. Pastikan untuk tidak selalu melihat notifikasi yang muncul ketika proses charging.

Belum ada Komentar untuk "Terbukti, Inilah 5 Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel