Kenali Apa itu Mbps pada Wifi dan Perbedaan MBps

iTutorial.id - Saat ini koneksi internet menjadi sangat penting, karena hampir semua orang membutuhkannya. Maka dari itu, banyak orang yang mulai memasang WiFi untuk lebih memudahkan dalam berinternet. Sebelum memasang WiFi, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu Mbps pada WiFi serta MBps. Lalu apa perbedaan dari keduanya? Simak ulasan berikut.

Mengenal Apa Itu Mbps dan MBps

Dalam menggunakan jaringan internet, pasti sering melihat kecepatan Mbps. Mbps adalah kependekan dari Megabit per second atau Megabit per detik jika dalam bahasa Indonesia. Jika dibandingkan, satuan Mbps ini lebih kecil dari satuan MBps.


ISP atau Internet Service Provider menggunakan satuan bit per satu detik. Di mana Mbps inilah yang berfungsi untuk mengukur kecepatan internet tersebut.

Setelah mengetahui apa itu Mbps pada WiFi, sekarang mengenal satuan yang lainnya yaitu MBps. MBps atau Megabytes per second menggunakan satuan Byte per detik. Perangkat yang ditanamkan satuan ini adalah modem, smartphone, laptop, komputer dan lainnya. MBps digunakan untuk menentukan berapa banyak file yang di upload atau di download per detik.

Setiap perangkat akan menerima kecepatan yang berbeda dengan providernya. Selanjutnya hal ini akan menimbulkan sebuah konversi. Dengan demikian kecepatan yang diterima oleh pengguna jaringan internet tidak dapat diprediksi dengan tepat.

Perbedaan Mbps dan MBps

Meski terlihat mirip, namun Mbps dan MBps memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Berikut ini beberapa perbedaan dari keduanya.

  • Bit pada Mbps. Bit atau Binary Digit merupakan satuan data yang terkecil yang ada dalam sistem digital dalam besaran data. Pada dasarnya binary atau biner ini merupakan sistem bilangan yang berbasis dua yaitu terdiri dari angka 0 dan 1 saja. Untuk penulisan satuan bit sendiri adalah cukup dengan huruf b kecil. Selanjutnya dari satuan bit akan muncul satuan turunan seperti Kb atau 1000 bit, 1 Mb atau 1000 Kb, 1 GB turunan atau 1000 Megabit dan seterusnya.
  • Byte pada MBps. Jika bit menunjukkan dalam besaran data, maka byte merupakan satuan untuk menunjukan ukuran tertentu. Byte merupakan satuan yang menunjukkan ukuran 8 bit. Sehingga 1 byte berarti sama dengan 8 bit. Untuk penulisan satuan Byte yaitu dengan huruf B besar. Satuan turunan dari Byte ini dapat dihitung dengan sistem desimal atau biner. Sebagai contoh jika menggunakan sistem desimal maka 1 Kb adalah 10³ byte atau 1000 byte. Sedangkan jika menggunakan sistem biner, maka 1 Kb adalah 2¹ยบ byte atau 1,024 byte.

Contoh Kasus Perbedaan Mbps dan MBps

Untuk dapat membedakan apa itu Mbps pada WiFi dan Mbps dapat dilihat dari saat download sebuah file. Ketika download file menggunakan aplikasi tertentu dengan jaringan internet, umumnya kecepatan internet akan tertulis Mbps (Megabyte per second). Sedangkan aplikasi yang digunakan untuk download, tertulis kecepatan MBps (Megabyte per second).

Contoh lain yang dapat mudah dipahami adalah ketika berlangganan internet dengan kecepatan 200 Mbps. Kemudian digunakan untuk download file menggunakan aplikasi tertentu. Maka akan terlihat kecepatan yang muncul adalah 25 MBps. Angka ini adalah angka konversi bahwa 1 byte = 8 bit.

Maka dari itu, ketika terhubung dengan internet atau WiFi dengan kecepatan hingga puluhan Mbps bukan berarti sudah merupakan kecepatan maksimal. Karena masih ada koneksi MBps yang memiliki kecepatan lebih kencang dibandingkan dengan Mbps.

Itulah penjelasan mengenai apa itu Mbps pada WiFi dan MBps. Jadi sudah tidak bingung lagi kan jika tiba-tiba kecepatan akses internet berubah-ubah. Dan pastikan harus lebih jeli dalam memilih jaringan internet, agar tidak ada keluhan mengenai internet lemot.

 

Belum ada Komentar untuk "Kenali Apa itu Mbps pada Wifi dan Perbedaan MBps"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel