Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis pada Samsung

iTutorial.id - Siapa disini yang menggunakan handphone dengan merk Samsung? Pasti para pengguna handphone merk ini sering mengeluh dengan penyimpanan yang cepat sekali penuh. Meskipun sudah menghapus beberapa file bahkan menghapus beberapa aplikasi penting masih tetap saja penuh bukan? Nah, kini sudah ada solusi cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada Samsung.



Menggunakan Aplikasi Root

Root merupakan salah satu cara paling mujarab untuk cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada Samsung, dengan menggunakan cara root pengguna dapat menghapus beberapa aplikasi sistem yang tidak penting digunakan.

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi KingRoot yang berada di Play Store, aplikasi ini dapat digunakan di semua tipe handphone Samsung.
  • Setelah terunduh, buka aplikasi tersebut dan tinggal pilih menu perintah root.
  • Proses root pun akan berjalan sesuai dengan perintah.
  • Kemudian, jika proses root sudah selesai maka pengguna bisa langsung menghapus beberapa aplikasi sistem yang tidak pernah digunakan. Misal, pengguna bisa menghapus aplikasi Play Music, Play Game, Drive, dan lain sebagainya.
  • Penyimpanan internal pun sudah berkurang dan tidak penuh lagi.

Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Pengguna Samsung juga bisa menggunakan cara tanpa aplikasi root, cara ini juga sangat mudah digunakan serta tidak perlu menggunakan aplikasi apapun.

1. Nonaktifkan Aplikasi

Masuk ke menu pengaturan yang berada di handphone, lalu akan muncul semua aplikasi sistem maupun aplikasi download.Setelah itu buka aplikasi yang ingin dihapus, misal ingin menghapus aplikasi Facebook buka aplikasi tersebut dan lakukan hapus data, jika ingin menghapus aplikasi pilih saja menu non aktifkan atau klik paksa berhenti.

2. Menghapus Chace

Pengguna bisa masuk ke pengaturan lalu pilih setelan lalu pilih lagi manajemen aplikasi pilih aplikasi yang akan dihapus cache, tekan aplikasinya pilih menu hapus cache. Lakukan tips ini setiap seminggu sekali untuk menghapus sampah dari aplikasi yang digunakan. Sampah cache yang menumpuk dapat memperlambat kinerja ponsel serta memenuhi penyimpanan internal.

3. Aktifkan Safe Mode

Tips selanjutnya adalah menggunakan fitur safe mode yang berada di handphone. Fitur ini berguna untuk menghemat penyimpanan di handphone.Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, matikan dulu handphone nya lalu hidupkan kembali, jika sudah menyala kembali tekan volume bawah pada saat logo Samsung muncul lalu cek kembali apakah penyimpanan masih penuh atau tidak.

4. Hapus Pesan

Pesan di aplikasi SMS maupun di WhatsApp tanpa disadari sering memakan banyak penyimpanan, seringkali pengguna tidak memeriksa pesan di SMS yang sudah penuh. Maka dari itu, pengguna harus sering memeriksa dan menghapus pesan yang tidak begitu penting. Cara ini dapat mengurangi penyimpanan walaupun tidak banyak.

5. Memindahkan Aplikasi

Aplikasi yang sudah didownload biasanya akan langsung tersimpan di penyimpanan internal, untuk menghindari banyaknya penyimpanan internal maka pengguna dapat memindahkan beberapa aplikasi ringan ke dalam kartu memori. Kartu memori tersebut biasanya tidak dapat langsung dari ponsel melainkan pengguna dapat memasangnya sendiri.

6. Gunakan Aplikasi Versi Ringan

Beberapa aplikasi biasanya memberikan pelayanan untuk aplikasi versi ringannya,aplikasi versi ringan mempunyai fungsi yang sama dengan aplikasi versi biasa dan tidak mempengaruhi penggunaan dari aplikasi tersebut. Misal, seperti Facebook versi ringannya Facebook Lite, TikTok versi ringannya TikTok Lite, dan masih banyak lagi lainnya. Pengguna dapat mengunduh versi ringannya untuk mengurangi penyimpanan.

7. Reset Handphone

Reset handphone kembali ke pengaturan pabrik adalah cara paling tercepat untuk memulihkan handphone yang memiliki penyimpanan penuh.Untuk melakukan cara ini bisa dengan masuk ke pengaturan di handphone, pilih manajemen umum lalu pilih reset dan pilih lagi reset data pabrik.

Pengguna ponsel Samsung tidak perlu pusing lagi memikirkan penyimpanan handphone yang selalu penuh karena sekarang sudah mengetahui penyebab serta cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada Samsung.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis pada Samsung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel