Cara Mengatasi Channel Youtube Yang Tidak Muncul di Pencarian

iTutorial.id - Youtube, siapa tak kenal platform digital terbesar yang satu ini. Youtube kini semakin banyak diminati karena memiliki fitur monetizing yang membuat para youtuber makin rajin membuat beragam konten menarik agar channel youtube nya dilirik banyak viewer. Youtuber pemula seringkali kesulitan menemukan channel youtube yang tidak keluar di mesin pencarian google. Inilah cara mengatasi channel youtube yang tidak muncul di pencarian.

1. Mengisi Kata Kunci di Channel Youtube

Masalah utama yang sering dihadapi youtuber adalah seringkali lupa mengisi kata kunci, meski terlihat hal simple tapi jika ini tidak dilakukan maka mustahil channel youtube akan muncul di pencarian. Sebelum upload video, pastikan terlebih dahulu kata kunci sudah dimasukkan.


Untuk memudahkan sebaiknya gunakan kata kunci yang sama dengan channel youtube pengguna. Kalau masih ada yang bingung bagaimana mengisi kata kunci, caranya cukup mudah pertama klik creator studio channel lalu klik kata kunci channel kemudian masukkan kata kunci channel dan terakhir klik simpan. Tunggu 1 hari nanti channel youtube akan muncul dipencarian.

2. Pilih SEO Youtube yang Tepat

Di era digital ini mau tidak mau semua platform digital akan bersentuhan dengan Search Engine Optimization (SEO). Sama dengan membuat blog, ketika mengupload channel youtube harus memperhatikan SEO yang tepat agar muncul di pencarian.

Selain itu judul, deskripsi dan tag harus dibuat semenarik mungkin dan menggunakan SEO yang tepat sasaran. Memilih SEO memang susah-susah gampang, cobalah mulai gunakan SEO yang bersifat tutorial yang banyak dicari penonton youtube.

3. Gunakan Nama Channel Youtube yang Unik

Pemilihan nama channel youtube sangat berpengaruh pada proses pencarian di mesin google. Hindari nama channel yang pasaran dan sudah banyak digunakan youtuber lain karena ini akan membuat channel youtube yang sedang dirintis kesulitan muncul di pencarian.

Pilih nama channel youtube yang unik dan jarang dipakai youtuber lain. Selain nama channel yang unik yang perlu diperhatikan adalah nama channel youtube harus memiliki ciri khas. Keunikan channel youtube yang dibangun kedepan akan menjadi sebuah identitas bagi pemilik channel tersebut.

4. Butuh Waktu Untuk Channel Baru

Banyak masalah channel youtube tidak muncul di pencarian karena channel youtube tersebut masih relatif baru. Channel youtube yang masih baru memang membutuhkan waktu dan proses untuk dapat dilacak di mesin pencarian. Tugas youtuber adalah menunggu 2 sampai 3 hari kedepan untuk melihat apakah channel youtube sudah masuk di mesin pencarian atau belum.

Selain masalah channel youtube yang masih baru sehingga tidak muncul di pencarian, faktor konten juga sangat berpengaruh. Ada channel youtube yang bisa dibilang masih baru tapi cepat muncul di pencarian tapi  ada juga channel youtube yang sudah lama tapi tidak juga muncul di pencarian

Hal ini karena konten yang dibuatnya kurang menarik dan tidak banyak dicari penonton. Jika channel youtube masih baru maka terus berkarya membuat video-video yang menarik dan inspiratif agar channel youtube lebih cepat muncul di pencarian.

5. Tingkatkan Jumlah Viewer

Kekuatan yuotube terletak pada jumlah viewer yang menonton video-video yang diupload. Salah satu cara mengatasi channel youtube yang tidak muncul di pencarian adalah dengan memperbanyak konten kreatif yang menarik yang banyak dicari orang, dengan begitu pasti banyak yang menonton video-video yang dibuat.

Jika jumlah viewer terus meningkat karena konten-konten yang dibuat menarik maka secara otomatis channel youtube akan lebih mudah ditemukan di pencarian. Jumlah viewer yang tinggi juga akan berpengaruh pada pundi-pundi rupiah yang didapat dari youtube.

Itulah 5 cara mengatasi channel youtube yang tidak muncul di pencarian, jika akun youtube belum muncul dipencarian jangan patah semangat karena optimasi akun memerlukan proses. Terus membuat konten menarik dan banyak digemari penonton akan membuat akun youtube lebih mudah ditemukan di mesin pencarian. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Channel Youtube Yang Tidak Muncul di Pencarian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel