Cara Melihat Subscriber yang Hilang di Youtube dengan Mudah

iTutorial.id - Para content creator YouTube tidak hanya harus pandai dalam membuat konten saja. Karena jika konten tidak menarik, alih-alih subscriber semakin bertambah, subscriber dapat kabur kapan saja. Untuk mengetahui tracking dari konten tersebut, perlu diketahui bagaimana cara melihat subscriber yang hilang dan disembunyikan di YouTube. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.



1. Melalui YouTube Studio

Salah satu cara melihat subscriber yang hilang di  YouTube adalah melalui YouTube Studio. Dalam YouTube Studio, tidak hanya dapat diketahui berapa jumlah subscriber yang hilang saja. Melainkan di konten mana sajakah jumlah subscriber yang hilang. Sehingga dengan demikian para content creator dapat lebih introspeksi diri, mengapa konten tersebut terlihat kurang menarik.

Baca Juga: Cara Mengatasi Channel Youtube Yang Tidak Muncul di Pencarian

Caranya cukup mudah. Berikut cara menggunakan YouTube Studio untuk mengetahui hilangnya subscriber.

  • Kunjungi studio.YouTube.com kemudian buka menu buka analisis channel;
  • Pilih menu mode lanjutan;
  • Klik penayangan menurut video. Dalam menu ini akan ditampilkan menu laporan channel berdasarkan jumlah tayang, waktu tonton subscriber, estimasi pendapatan dan lainnya;
  • Pilih metrik lainnya;
  • Selanjutnya klik interaksi di pojok kanan atas. Akan muncul subscriber yang diperoleh dan subscriber yang hilang.
  • Pilih subscriber yang hilang;

Selanjutnya akan muncul jumlah subscriber yang hilang dari kurun waktu tertentu. Mulai dari 7 hari terakhir, 28 hari terakhir hingga subscriber yang hilang selama konten diupload.

2. Melalui Browser

YouTube menjadi salah satu sosial media yang mampu mendatangkan pundi-pundi uang dengan aktif membuat konten. Dimana penghasilan akan mulai didapatkan ketika akun YouTube yang dimiliki sudah memenuhi syarat untuk melakukan monetisasi, yaitu dengan terpenuhinya jam tayang dan jumlah subscriber yang dimiliki. Namun, seiring berjalannya waktu kadang terdapat subscriber yang tiba-tiba hilang.

Baca Juga: 5 Link Jalan Pintas Uji Kecepatan Internet Wifi

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengetahui subscriber yang hilang adalah melalui browser, seperti chrome, Mozilla Firefox dan lainnya. Cukup ketik YouTube.com kemudian login. Pada alamat pencarian, ketik https://www.YouTube.com/subscribers. Selanjutnya akan terlihat siapa saja yang sudah melakukan unsubscribe di akun YouTube.

3. Dengan Situs Nox Influencer

Para penikmat YouTube tentu saja  penasaran dengan jumlah subscriber para content creator. Saat ini ada cara untuk mengetahui subscriber yang hilang atau disembunyikan oleh content creator. Yaitu dengan bantuan situs Nox Influencer.

Pertama yaitu dengan membuka situs https://id.noxinfluencer.com/ terlebih dahulu. Selanjutnya di kolom pencarian, ketik nama channel yang ingin diketahui jumlah subscriber-nya. Selain dapat mengetahui jumlah subscriber yang dihilangkan, juga dapat melihat rata-rata video yang ditonton.

4. Melalui Situs Vidooly

Salah satu alasan mengapa subscriber YouTube hilang adalah karena melakukan unsubscribe. Hal ini dapat terjadi karena berbagai pertimbangan. Mulai dari konten YouTube yang tidak menarik, content creator yang bersikap arogan dan lain sebagainya. Berikut cara melihat siapa yang unsubscribe channel YouTube.

  • Untuk mengetahui siapa saja yang unsubscribe channel dapat dilakukan dengan mengunjungi situs https://vidooly.com/signup. Setelah mendaftar di situs tersebut, klik tombol get started now.
  • Selanjutnya pengguna akan diminta untuk login halaman dashboard vidooly menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan tadi.
  • Kemudian klik connect your YouTube channel dan login akun YouTube.
  • Klik tombol izinkan atau allow. Selanjutnya pilih audience.
  • Untuk melihat siapa saja yang sudah melakukan unsubscribe yaitu dengan memilih unsubscribers list. Daftar akun yang unsubscribe akan terlihat.

5. Dengan Muat Ulang Halaman

Penurunan jumlah subscriber di Youtube secara signifikan juga dapat disebabkan karena adanya glitch. Glitch sendiri merupakan suatu kesalahan yang terjadi pada sistem yang ada di YouTube. Sehingga ketika ada salah satu subscriber yang un-subscribe sebuah akun berkali-kali, maka tiba-tiba subscriber juga berkurang dalam jumlah berkali-kali lipat.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Headset Yang Mati Sebelah Dengan Simple

Untuk mengetahui bahwa channel terdampak glitch atau tidak yaitu dengan muat ulang komputer atau peramban. Selain itu dapat dilakukan dengan menekan tombol F5 atau tombol refresh. Maka akan terlihat apakah subscriber benar-benar hilang.

Itulah beberapa cara melihat subscriber yang hilang di YouTube. Untuk menghindari subscriber yang tiba-tiba unsubscribe, alangkah baiknya untuk membuat konten-konten yang menarik. Sehingga para pengguna YouTube khususnya subscriber semakin tertarik untuk menonton konten yang lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melihat Subscriber yang Hilang di Youtube dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel