7 Trik Jitu Cara Mengatasi Indihome Lemot

iTutorial.id - Berikut akan dibahas cara mengatasi IndiHome lemot yang tidak bisa dipungkiri. Wifi bukanlah hal yang tabu lagi di tengah canggihnya teknologi,  Browsing sudah menjadi hal yang kerap dilakukan, bukan hanya dari kalangan mahasiswa saja tetapi di semua kalangan. Menggunakan Wifi adalah salah satu solusi yang tepat.



Tapi bagaimana jika Wifi yang digunakan seperti IndiHome tiba-tiba lemot? Itu adalah sesuatu yang sangat kerap terjadi di kalangan pengguna Wifi, apalagi yang tinggal di daerah pedalaman dimana jaringannya sangat terbatas.

1. Me-restart Modem

Terkait cara mengatasi IndiHome lemot restart modem adalah solusi pertama yang bisa dilakukan. IndiHome ngelag sudah biasa terjadi, dan cukup dengan me-restart modem sudah sangat berpengaruh.

Modem IndiHome yang sudah di restart ditunggu sekitar 3 menit untuk mengembalikan kecepatan Wifi agar tidak lemot lagi. Jika restart dari browser tidak berhasil maka modem perlu di restart secara fisik dengan cara menekan tombol on/off pada modem.

Setelah itu tunggu hingga 5 menit sebelum  kembali menekan tombol on/off nya. Jika Led indikator modem pada IndiHome sudah aktif artinya pengguna sudah bisa terkoneksi ke modem.

2. Mengganti Password Wifi

Password Wifi IndiHome kadang kala bobol sehingga menyebabkan koneksinya lambat. Semakin banyak yang terhubung ke IndiHome jaringannya juga akan semakin lemot, terlebih jika digunakan secara bersamaan.

Oleh karena itu dengan mengganti password Wifi akan menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan. Gunakan password yang rumit sehingga tidak mudah untuk di tebak. Karena jika terlalu banyak user yang terhubung ke IndiHome akan membuat perangkatnya ngelag.

3. Menggunakan Penguat Sinyal

Ada salah satu alat yang disebut repeater mampu menambah kecepatan Wifi IndiHome. Repeater ini sangat mudah dijumpai karena sudah banyak dipasaran dengan harga yang beragam pula.

Jangan lupa cek repeater sebelum dibeli dan pastikan dulu kualitasnya apakah betul bisa mempercepat Wifi IndiHome atau tidak. Alat ini mampu mempercepat jaringan agar tidak lemot lagi.

4. Menggunakan Satu Stop Kontak Khusus Untuk Modem

Cara mengatasi masalah indihome yang lemot berikutnya adalah cukup menggunakan satu stop kontak saja khusus untuk modem. Usahakan mengurangi penggunaan perangkat listrik yang terlalu banyak untuk digunakan pada modem.

Hal itu juga sangat berpengaruh pada kecepatan Wifi IndiHome. Terlalu banyak penggunaan perangkat listrik pada modem akan menghambat jaringan masuk ke Wifi IndiHome.

5. Membersihkan Cache Di Browser

Penggunaan browser yang sudah sangat sering terkadang menghambat koneksi internet pada Wifi IndiHome. Pasalnya cache yang berisi data hasil browsing tersimpan di perangkat.

Jadi jika sudah terlalu banyak maka hal itu akan membuat IndiHome lemot. Hapus cache sedikit demi sedikit agar koneksi internetnya bisa kembali normal dan berjalan dengan maksimal.

6. Mencabut Adaptor

Walau terlihat sepele tetapi mencabut adaptor terkadang bisa mengembalikan jaringan IndiHome ke semula. Yang tadinya lemot akan kembali normal saat adaptor sudah dicabut sementara, dan pastikan caranya benar.

7. Menyimpan Modem Di Ruangan Yang Terjangkau

Menjauhkan modem dari jangkauan pengguna akan mempengaruhi kecepatan jaringan Wifi. Simpan modem di tempat yang terbuka dan mudah dijangkau agar kecepatan jaringan internet bisa maksimal.

Usahakan agar posisi modem agak tinggi sehingga penempatannya optimal. Jika penempatan modem tidak efisien jaringannya akan terhalang dan menyebabkan Wifi IndiHome jadi lemot.

Jika Wifi IndiHome yang biasa digunakan lemot, jangan khawatir lagi. Sudah dijelaskan beberapa cara mengatasi indihome lemot. Terkadang Wifi IndiHome yang lemot dapat menghambat beberapa pekerjaan.

Dengan membatasi pengguna Wifi, menyimpan modem di tempat yang terjangkau dan lain sebagainya itu bisa membuat IndiHome tidak ngelag. Hal kecil juga bisa sangat berpengaruh pada kecepatan internet IndiHome. Maka dari itu perhatikan beberapa hal yang bisa saja menyebabkan IndiHome menjadi lemot.

Belum ada Komentar untuk "7 Trik Jitu Cara Mengatasi Indihome Lemot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel