7 Cara Terbaik Agar Wifi Tidak Dibobol

iTutorial.id - Menjadi pengguna internet dan wifi yang pernah dibobol oleh orang lain, maka akan muncul suatu kekesalan tersendiri. Apalagi di masa pandemi ini, jaringan wifi  telah banyak digunakan untuk akses internet dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan online di rumah. Di bawah ini akan dijelaskan cara agar wifi tidak dibobol.



Tentu saja itu berpengaruh pada kecepatan internet pemilik wifi, dikarenakan terlalu banyak pengguna. Dengan demikian, pentingnya disertakan pengaman wifi agar tidak dibobol oleh orang lain. Sehingga akses internet pemilik wifi bisa dengan lancar saat digunakan. Jangan sampai terjadi seperti itu. Ini ada beberapa cara agar wifi tidak dibobol, diantaranya :

1. Cek dengan menggunakan Aplikasi

Yang awal harus dilakukan adalah dengan menginstall aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi ini. Maka, pemilik wifi akan mengetahui siapa saja yang sudah memakai koneksi wifi secara diam-diam. Cara lain menggunakan aplikasi dari PC, pengguna bisa menggunakan aplikasi dari handphone. Dengan demikian, akan terdeteksi siapa saja yang tersambung koneksi wifi.

Baca Juga: Kenali Apa itu Mbps pada Wifi dan Perbedaan MBps

Cukup mudah jika pemilik wifi sudah memiliki aplikasi ini, karena dapat dengan mudah mengecek siapa saja yang tersambung pada wifi tersebut. Namun, pemilik wifi bisa saja memblokir akun tidak dikenal, dimana akun tersebut sudah tersambung wifi. Untuk pengguna tersebut, bisa saja membuat akun dengan nama lain agar bisa tersambung lagi.

2. Dari IP pada Router  Wifi

Dengan cara lain adalah dari alamat IP yang sudah tertera pada router wifi. Dengan masuk ke home router, lanjut dengan memasukkan alamat IP. Langsung login menggunakan username & password. Selanjutnya begitu, jika telah menemukan alamat IP yang sekiranya bukan milik yang punya wifi, maka sudah dipastikan koneksi wifi sudah dibobol.

3. Memakai Password yang Unik

Dengan memakai password yang unik dan kuat,  memicu orang lain untuk tidak dengan mudah membobol atau menembus koneksi internet wifi. Dengan membuat password atau kata sandi yang sulit untuk diingat orang lain, misal : password dengan menggunakan banyak kombinasi angka dan huruf kecil maupun besar.

Baca Juga: 7 Cara Memperluas Jangkauan Wifi Indihome Paling Ampuh

4. Memakai WPA2

Menggunakan enkripsi WPA2, menggunakan enkripsi WPA2 dapat memudahkan si pemilik wifi dalam mengakses internet, dalam artian (mengerjakan tugas sekolah, bekerja secara online, dan lain-lain). Sebenarnya ada enkripsi selain WPA2, masih lebih baik menggunakan WPA2. Karena WPA2 sudah dirasa cara agar wifi tidak dibobol yang paling aman dalam penggunaan akses internet.

5. Pengaturan Wifi

Dalam pengaturan wifi ini, yaitu dengan cara mengganti Service Set Identifier pada wifi. Service Set Identifier ini adalah nama jaringan pemilik wifi. Menggunakan nama yang unik, memiliki fungsi agar koneksi wifi tidak mudah untuk dibobol.

6. Pengaturan pada WPS

Mematikan fitur WPS adalah cara dalam pengaturan WPS, nonaktifkan fitur ini bisa menambah keamanan wifi agar tidak mudah dibobol. Cara kerja WPS ini yaitu mengaitkan router dengan PC atau Handphone. Berlawanan, jika pemilik wifi telah mengaktifkan fitur WPS ini, maka akan mudah orang untuk membobol tanpa mengetahui password wifi dahulu.

7. Pengaturan MAC

Cara agar wifi tidak dibobol yang ampuh adalah dengan menyaring alamat MAC pemilik wifi. Setiap pengguna wifi tentunya memiliki alamat MAC yang berbeda. Alamat MAC berguna untuk mendaftar router wifi. Selanjutnya, alamat MAC yang lain tidak tersambung ke pemilik wifi. Dengan cara itu, orang tidak dapat membobol sinyal pemilik wifi.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Lupa Pasword Wifi First Media Dengan Mudah

Sedikit penjelasan cara agar wifi tidak dibobol diatas yang sangat berguna untuk pemilik wifi yang ingin menambah keamanan wifinya di rumah maupun di tempat kerjanya. Dengan demikian, pemilik wifi bisa mengakses internet dengan lancar, karena sinyal tidak terbagi-bagi oleh pencuri wifi.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Terbaik Agar Wifi Tidak Dibobol "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel