7 Cara Mengetahui Ada Aplikasi Penyadap HP yang Wajib di Pelajari

iTutorial.id - Masih banyak yang belum paham bagaimana cara mengetahui ada aplikasi penyadap di HP. Tidak menutup kemungkinan ponsel yang digunakan ada yang menyadap, bisa jadi karena ada dokumen atau percakapan yang ingin diketahui.



Sekarang sudah banyak software penyadap ponsel dan bisa sangat merugikan orang lain. Saat ponsel disadap, tidak hanya telpon yang bisa didengar melainkan percakapan di SMS, media sosial bahkan tampilan layar juga bisa diubah.

1. Mengecek Baterai Ponsel

Sering menjumpai ponsel yang jarang digunakan tetapi baterainya cepat panas atau cepat habis? Itu adalah salah satu tanda bahwa ponsel disadap oleh hacker. Tetapi sebelumnya ada beberapa pertimbangan yang bisa dilihat seperti umur baterai, aplikasi yang dibuka berat atau tidak.

Perhatikan juga riwayat aplikasi yang sudah dibuka, bagaimana efeknya terhadap baterai. Jika penggunaannya normal tetapi baterai panas maka perlu waspada, kemungkinan ponsel disadap.

2. Mengecek Penggunaan Data Seluler

Sering mengecek penggunaan data seluler, apakah penggunaannya normal dengan pemakaian aplikasi sehari-hari atau tidak. Jika penggunaan data seluler melebihi batas wajar maka perlu berhati-hati, kemungkinan ponsel yang digunakan sedang disadap seseorang.

3. Mengecek Layar Utama Ponsel

Cara mengetahui ada aplikasi penyadap di hp selanjutnya yaitu jika tiba-tiba terdapat aplikasi yang belum pernah di instal. Tidak menutup kemungkinan aplikasi itu adalah salah satu hal yang digunakan untuk bisa menyadap ponsel.

Jika terdapat hal yang demikian segera untuk menghapus aplikasi tersebut. Karena jika dibiarkan maka akan memperlancar penyadap dalam meretas ponsel. Hal kecil seperti ini mungkin dianggap biasa tetapi bisa berdampak buruk jika diabaikan begitu saja.

4. Membuka Kotak Masuk

Jangan diabaikan jika terdapat notifikasi aneh yang masuk di email atau SMS. Bisa jadi itu merupakan bagian dari trik hacker untuk menjalankan niat jahatnya. Segara cari tau kepada kerabat jika ada pesan aneh yang masuk dan mengatasnamakan pengguna ponsel.

Pesannya bisa berupa angka, simbol, rumus atau karakter yang menyerupai sebuah kode untuk menemukan sesuatu yang bersifat rahasia. Hal seperti ini jangan diabaikan, melainkan cek terlebih dahulu pesan masuk dan pesan terkirim pada ponsel.

5. Mematikan Ponsel

Pernah menemukan ponsel yang sulit dan bahkan tidak bisa dimatikan. Cobalah untuk mematikan ponsel terlebih dahulu, jika tidak bisa maka Itu menunjukkan hal mencurigakan yang terjadi pada ponsel. Jika respon lambat atau bahkan tidak bisa dimatikan maka kemungkinan ponsel sedang disadap.

6. Mengecek Riwayat Situs Web

Periksa layanan situs yang sering dibuka jika ada yang terlihat berbeda dari biasanya perlu waspada. Bisa jadi ada orang yang tidak bertanggung jawab ingin menyadap ponsel yang digunakan.

Terlebih lagi jika mempunyai perbankan online atau sejenisnya yang memerlukan data diri secara lengkap maupun kata sandi. Itu sangat rawan untuk dideteksi, mungkin hacker menampilkan tampilan baru pada layar ponsel. Selain itu para hacker bisa melacak apapun yang sedang dikerjakan di ponsel.

7. Mendekatkan Ponsel Ke Radio/TV

Hacker kadang menggunakan frekuensi FM radio untuk meretas. Pengguna ponsel bisa mengetahui hal tersebut dengan cara ponsel diletakkan dekat radio lalu radio diaktifkan. Jika terdengar suara keras dari radio maka bisa jadi ponsel yang digunakan sedang diretas.

Pengguna ponsel juga bisa memeriksa melalui TV. Dengan cara ponsel diletakkan berdekatan dengan TV dan perhatikan apakah terjadi gangguan atau tidak. Karena seperti yang diketahui TV memiliki saluran yang disebut ultra high frequency

Itulah tadi beberapa cara mengetahui ada aplikasi penyadap di hp yang bisa dilakukan sendiri. Setiap pengguna ponsel memiliki hal yang tidak bisa dipublikasikan baik itu berupa dokumen rahasia atau percakapan. Jadi alangkah lebih baiknya jika berhati-hati dalam menggunakan telepon genggam.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mengetahui Ada Aplikasi Penyadap HP yang Wajib di Pelajari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel