7 Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi di Android

iTutorial.id - Cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi bisa diselesaikan dengan mudah. Pengguna tidak harus menyewa jasa servis untuk masalah tersebut. Cukup terapkan 7 langkah berikut ini, maka kedua tombol akan berfungsi lagi.



1. Menghapus Aplikasi Terakhir yang Diinstall

Cara pertama yang bisa digunakan yaitu dengan menghapus semua aplikasi yang terakhir diinstall. Untuk melihat semua aplikasinya, bisa buka Play Store lalu klik Aplikasi & Game saya. Lakukan pengecekan terkait aplikasi apa saja yang terakhir diinstall lalu delete. Jika cara ini belum berhasil, maka bisa lanjut ke langkah berikutnya.

2. Mengubah Resolusi Layar

Kedua adalah mengubah ukuran resolusi layar pada perangkat. Cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi berikut memanfaatkan area navigasi. Biasanya area tombol navigasi akan membesar secara otomatis apabila tampilan layar HP diperbesar juga.

Namun, sebelumnya pengguna harus punya akses terlebih dahulu ke menu opsi developer di perangkat. Tujuannya adalah agar fitur tersebut bisa diakses dengan mudah. Adapun untuk langkahnya bisa simak panduan di bawah ini.

  • Pertama, bukalah pengaturan atau setelah.
  • Lanjut ke menu sistem lalu pilih opsi developer.
  • Selanjutnya cari opsi “lebar terkecil” yang terdapat di bagian gambar.
  • Akan muncul kolom untuk mengubah nilai ataupun angka menjadi lebih kecil. Misalkan saja setelah default 500 dp, maka bisa diubah menjadi 420 dp. Tak hanya itu, ini juga bisa diubah sampai angka yang paling kecil
  • Biasanya nilai yang kecil akan memberikan tampilan layar yang lebih besar.

3. Membersihkan LCD HP

Tidak bisa dipungkiri bahwa permasalah tersebut bisa saja karena layar sentuh perangkat sangat kotor. Akibatnya tombol navigasi tersebut menjadi error dan tidak responsif lagi saat digunakan. Oleh karena itu, pengguna harus rutin membersihkan layar agar responsibilitasnya tidak terganggu lagi.

4. Membersihkan Ruang Penyimpanan Internal

Jika memori internal sangat penuh, kinerja perangkat akan melambat terutama touchscreen perangkat. Salah satu yang akan terdampak adalah tombol navigasi, ia tidak akan bisa lagi merespon dengan cepat. Kondisi seperti ini pastinya sangat menyebalkan dan mengakibat pengguna harus segera mengosongkan memori internalnya.

5. Menggunakan Aplikasi Navigation Bar

Aplikasi ini merupakan hasil garapan dari Wormhole Space. Selain itu, juga sudah tersedia di Play Store dan tidak perlu bayar. Penggunanya pun juga sangat banyak jika dilihat dari jumlah unduhannya di Play Store. Untuk menggunakannya, ikuti langkah berikut ini:

  • Apabila aplikasi telah selesai diunduh, buka dan jalankan.
  • Lalu klik go to setting dan selanjutnya ke pengaturan aksesibilitas.
  • Klik navigation bar dan pilih aktifkan.
  • Jika sudah diarahkan lagi ke navigation bar tadi, klik OK.
  • Untuk memanfaatkan tombol navigasi dari aplikasi ini silahkan geser hingga berubah menjadi ON.
  • Tombol navigasi back, home, dan recent sudah muncul.

6. Menggunakan aplikasi Soft Key Home Back Button

Tombol navigasi back home dan recent juga bisa dimunculkan dengan aplikasi ini. Caranya juga tidak sulit dan sangat praktis sekali. Sehingga siapapun bisa menerapkan langsung cara ini. Berikut langkah-langkah penggunaan aplikasinya:

  • Setelah aplikasi dibuka klik settings accessibility.
  • Lalu pergi ke menu pengaturan aksesibilitas dan klik soft keys home back button.
  • Selanjutnya aktifkan tombol tersebut. 
  • Tombol navigasi sudah bisa digunakan.

7. Mengembalikan ke Setelan Pabrik

Ini adalah cara terakhir yang harus dilakukan jika memang cara yang telah disebutkan masih belum bisa mengatasi masalah ini. Istilah lain dari reset pabrik ini adalah factory reset. Jika memutuskan menggunakan factory reset, semua pengaturan akan kembali lagi ke pengaturan awal.

Namun, pengguna juga harus memastikan semua file sudah disimpan atau dicadangkan ke google drive. Tujuannya agar tidak ada dokumen penting yang hilang. Karena mereset HP akan menghilangkan semua data yang sudah tersimpan di HP tanpa terkecuali.

Itulah cara mengatasi tombol back home dan recent tidak berfungsi. Jika masalah ini tak kunjung selesai dan sulit mengatasinya, maka sebaiknya dibawa ke tukang servis. Agar segera diperbaiki dan tidak memperparah kondisi tombol navigasi HP.

 

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Tombol Back Home dan Recent Tidak Berfungsi di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel