7 Cara Mengatasi Baterai Bocor Paling Ampuh

iTutorial.id - Siapa sih yang tidak kenal dengan smartphone? Di era teknologi seperti sekarang ini smartphone sangat membantu dalam hal komunikasi dan mendapatkan banyak informasi seputar berita terkini. Namun terkadang smartphone yang digunakan tiba-tiba mati padahal baterainya masih banyak. Lalu bagaimana cara mengatasi baterai bocor? Berikut akan diberikan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut

Sebelum masuk ke cara mengatasi baterai yang sudah bocor terlebih dahulu pengguna smartphone harus tau apa saja ciri-ciri yang akan terlihat ketika baterai sudah bocor. Diantara ciri-ciri baterai bocor yaitu bagian belakang tampak mengembang, ponsel akan terasa panas, dan cepat mati walaupun persentase baterainya masih ada, berikut penjelasannya.

1. Memilih Wallpaper Warna Gelap

Pemilihan wallpaper yang berwarna gelap ternyata menjadi salah satu cara mengatasi baterai bocor. Penggunaan dark background akan meminimalisir penggunaan baterai sehingga tidak cepat habis.



Smartphone dengan spesifikasi rendah tidak dianjurkan untuk menggunakan fitur wallpaper animasi karena akan menguras baterai ponsel. Cara yang satu ini termasuk sangat mudah karena tidak memerlukan sistem tambahan, cukup masuk di bagian pengaturan ponsel saja.

2. Mematikan Aplikasi Google Bawaan

Aplikasi google bawaan sangat sering ditemukan pada smartphone. Dengan mengaktifkan semua aplikasi bawaan akan membuat baterai ponsel cepat bocor. Hal yang perlu dilakukan adalah memilah aplikasi google bawaan yang tidak terlalu berpengaruh dalam penggunaan smartphone lalu nonaktifkan.

Setiap aplikasi memiliki kapasitas masing-masing sehingga dengan mengurangi jumlah aplikasi yang diaktifkan akan membuat kemungkinan baterai akan bocor menjadi rendah. Oleh karena itu pilih aplikasi google bawaan yang betul-betul penting digunakan dalam sehari-hari.

3. Memakai Fitur Penghemat Daya

Fitur yang satu ini cukup meminimalisir penggunaan baterai ponsel. Ketika mode daya rendah diaktifkan maka akan mengurangi aktivitas latar belakang seperti pengunduhan untuk sementara waktu hingga baterai ponsel terisi penuh.

Pengaktifan mode daya rendah akan menghemat baterai ponsel sehingga tidak cepat low. Hal ini bisa dilakukan ketika ponsel ingin di charger dalam keadaan mati agar semua sistem di dalam smartphone mati.

4. Meng-update Aplikasi Ponsel

Dengan sering melakukan upgrade pada aplikasi akan mengurangi kemungkinan baterai akan terkuras habis. Malas untuk meng-update aplikasi bisa membuka peluang ponsel untuk error.

Selain itu hal ini dilakukan untuk membuat aplikasi ringan saat beroperasi. Penggunaan aplikasi dengan versi yang sama secara terus menerus akan memperlambat sistem. Maka dari itu setiap terdapat notif masuk untuk melakukan pembaruan sistem segeralah untuk meng-update aplikasinya.

5. Mengatur Kecerahan Layar

Layar yang cerah tentu akan sangat mengganggu penglihatan, tetapi disamping itu juga menjadi penyebab baterai ponsel cepat bocor. Dengan mengoptimalkan kecerahan pada layar akan membantu untuk menghemat daya ponsel.

Solusi yang satu ini cukup dilakukan dalam pengaturan ponsel saja tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Pasang kecerahan ponsel seperlunya saja, terlalu gelap akan mempersulit untuk menggunakan smartphone, sebaliknya terlalu terang akan membahayakan kesehatan mata. Mengurangi kecerahan layar tidak akan berdampak apa-apa selama masih bisa melihat tulisan dengan jelas.

6. Menggunakan Cas Ori

Ketika membeli smartphone juga dilengkapi dengan charger gratis dari perusahaannya. Tetapi bagaimana jika casnya rusak? Hati-hati dengan penggunaan charger palsu yang akan membuat baterai ponsel cepat bocor.

Gunakan cas ori yang dijual di toko smartphone resmi, jangan asal menggunakan cas seenaknya karena jika tidak cocok akan membuat baterai smartphone cepat rusak. Perlu diingat juga, melakukan pengisian daya di laptop akan membuat tegangannya tinggi dan membahayakan baterai ponsel.

7. Mengganti Baterai

Solusi yang terakhir yaitu mengganti baterai yang sudah terlanjur bocor. Dengan menggunakan baterai baru akan membuat ponsel tidak cepat mati lagi seperti sebelumnya. Cara yang satu ini dilakukan ketika sudah tidak ada solusi lagi.

Ketika menggunakan baterai baru belajarlah untuk merawatnya dengan cara tidak memainkan ponsel sambil melakukan pengisian daya. Sebelum merusak ponsel sebaiknya cepatlah untuk mengganti baterai agar dapat meminimalisir kerusakan yang akan terjadi.

Bijaklah dalam menggunakan ponsel, jangan seenaknya karena akan membuat baterai cepat bocor. Jika sudah muncul berbagai kendala atau beberapa ciri-ciri yang menunjukkan baterai bocor, maka segeralah cari solusi mengenai cara mengatasi baterai bocor agar tidak terjadi kerusakan parah.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Baterai Bocor Paling Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel