7 Cara Memperluas Jangkauan Wifi Indihome Paling Ampuh

iTutorial.id - Kuat lemahnya sinyal wifi dan tidak dapat menjangkau tempat-tempat tertentu. Padahal memiliki jarak yang dekat dengan wifi. Jarak yang dapat dijangkau indihome memang memiliki keterbatasan. Biasanya ada beberapa benda/perangkat yang menghalangi router wifi untuk menjangkau rumah pengguna. Maka dari itu, pentingnya cara memperluas jangkauan wifi di sekitar para pengguna internet.



Dengan demikian, sinyal wifi akan menjadi lemah di beberapa tempat. Tidak bisa diprediksi, kecepatan wifi indihome memang lumayan. Akan tetapi jika digunakan di tempat yang terhalang tembok dan kaca, jaringan akan melemah. Berikut akan dijelaskan sedikit cara memperluas jangkauan wifi agar bisa digunakan tanpa  terhalang  tembok ataupun kaca :

1. Meningkatkan Power Control Wifi

Trik dan tips pertama  yang harus dilakukan adalah dengan tingkatkan power control wifi pada pengaturan yang memiliki fungsi untuk mengetahui seberapa kuat/lemah router dengan cara melakukan perpindahan sinyal wireless. Adapun beberapa langkah :

  • Menghubungkan salah satu perangkat ke wifi
  • Cek browser dengan ketik “192.168.1.1” (khusus untuk pengguna wifi indihome)
  • Login, jika dirasa belum pernah login, maka insert username, dan password
  • Klik WLAN – WLAN Advanced
  • Kemudian atur TX power ke 100%
  • Jika sudah 100%, maka dipastikan sudah berhasil dalam meningkatkan power control wifi tersebut.
  • Cek ulang password, username. Pastikan agar tidak lupa.

2. Memakai Alat Repeater/Extender

Cara yang  lain adalah dengan menggunakan  alat repeater/extender. Dengan demikian alat tersebut dapat menambah kekuatan sinyal yang jaraknya jauh menjadi dekat. Bisa juga digunakan pengguna yang memiliki router di teras, namun ingin menjangkau di dapur sekalipun. Cara kerjanya adalah dengan  menangkap sinyal kemudian menyebarkan sinyal ke semua perangkat yang terhubung.

Alat repeater/extender lumayan cukup jika digunakan oleh pemilik wifi yang memiliki pekarangan ruang yang lumayan luas dan ruang yang banyak. Dengan demikian, memakai alat ini adalah solusi terbaik untuk memperluas jaringan wifi tersebut.

3. Memakai Frekuensi Wifi Kurang Lebih 5 Ghz

Berikut cara memperluas jangkauan wifi selanjutnya adalah mengubah frekuensi sinyal wifi yang awalnya 2,4 Ghz menjadi  5 Ghz. Namun kekuatan frekuensi wifi tersebut tergantung pada handphone  yang dimiliki pengguna. Jika pengguna memiliki handphone yang dirasa mendukung frekuensi 5 Ghz,  maka bisa dipastikan router  yang digunakan juga memiliki frekuensi yang sama.

4. Mengubah Posisi Router

Dengan mengubah posisi router yang awalnya di teras rumah menjadi di ruang tengah, maka sudah dipastikan akan menambah jangkauan wifi. Dengan demikian, wifi bisa menjangkau hampir seluruh ruangan, mulai dari ruang tamu sampai dapur.  Posisi wifi tersebut, pengguna dapat mengakses internet di berbagai tempat di rumahnya.

5. Mengganti Channel Wifi

Mengganti channel wifi masih sangat berkaitan dengan cara memperluas jangkauan wifi yang poin nomor 3. Misal dengan menggunakan  jaringan wifi dengan kekuatan frekuensi 2,4 Ghz sudah banyak penggunanya, maka disarankan untuk pindah channel dengan menggunakan channel wifi yang memiliki kekuatan 5 Ghz.

6. Memastikan Memakai Aplikasi Penguat Sinyal.

Dengan aplikasi penguat sinyal, maka bisa dipastikan memperluas jangkauan wifi indihome pengguna. Dan yang paling penting akan sangat lancar dan memerlukan tempat pada handphone pengguna. Misal: 

  • Wifi doctor
  • Wifi master pro
  • Network master
  • Dan jenis Wifi perangkat lainnya

7. Menjauhkan dari Elektronik yang Lain

Kebanyakan pengguna meletakkan router di teras rumah, yang tempatnya sangat berdekatan dengan alat elektronik lain, misal router dan lainnya. Dengan demikian akan mengurangi jangkauan jaringan wifi. Solusinya, dengan memindahkan alat elektronik lainnya tersebut ke tempat yang agak jauh dengan router.

Demikianlah  cara memperluas jangkauan wifi indihome di rumah. Dengan beberapa cara yang sudah disebutkan diatas, pengguna wifi bisa mencoba salah satu cara dari beberapa cara yang sudah disebutkan.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Memperluas Jangkauan Wifi Indihome Paling Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel