5 Cara Mengetahui IP Wifi Yang Paling Mudah

iTutorial.id - Internet Protocol (IP) menjadi salah satu hal penting dalam pemakaian Wireless Fidelity (Wifi). Meskipun ada sebagian ada yang acuh tak acuh, namun mengetahui detail dari IP merupakan hal bagus. Utamanya agar tidak terjadi kebocoran data. Cara mengetahui IP wifi juga cukup mudah. Jika penasaran bisa langsung coba saja ikuti langkah berikut.

Setiap perangkat memiliki IP yang berbeda yang mana tergantung dari posisi pengguna wifi juga. Memiliki 2 versi yaitu panjang 32 bit atau IPv4 dan 128 bit atau IPv6, kedua versi sama pentingnya terutama bagi lembaga kepolisian. Cara sederhana yang diulas kali ini bisa ditiru agar tidak kalah dengan mereka.

1. Melihat Network dan Internet Settings

Hal pertama yang dilakukan untuk menghubungkan perangkat dengan koneksi wifi adalah melihat di Network & Setting. Ikon kecil logo wifi di pojok kanan toolbar bisa dilihat dengan sekali pandang. Klik saja dan muncul pilihan wifi yang ingin digunakan. Pilih dengan logo sinyal yang terkuat agar dapat menikmati wifi dengan lancar.

 


Setelah terhubung dengan jaringan wifi, klik kanan ikon wifi dan klik Open Network & Settings. Selanjutnya bisa klik Properties. Setelah itu langsung muncul detail IP wifi yang digunakan. Beberapa perangkat bisa menunjukkan detail lain seperti penggunaan data wifi, kecepatan wifi, dan opsi untuk menggunakan meteran wifi.

2. Melalui Control Panel

Masih menyambung dengan cara yang pertama, cara kali ini juga mudah. Jika ikon wifi tidak ditemukan di area toolbar, melalui control panel menjadi jalur pertama. Klik kanan pada start menu atau bisa ketik Control Panel di area kolom search toolbar. Lebih cepat lagi, jika ternyata control panel sudah menjadi ikon di desktop.

Setelah itu, klik pada pilihan Network & Internet. Tampilannya setelah itu sama dengan sebelumnya. Bedanya jika wifi belum terkoneksi otomatis karena ikon wifi di toolbar tidak ada, maka bisa dirubah dengan cara ini. Pilih Show Available Network jika koneksi wifi yang otomatis tersambung ingin beralih. Tahap akhir adalah klik Properties.

3. Gunakan Command Prompt

Cara mengetahui IP Wifi ini sedikit lebih rumit karena biasanya yang menggunakan adalah orang dengan latar belakang berbau teknologi. Cara ini bisa dimulai dengan meng-klik kanan Start Menu dan pilih Run. Bisa juga dengan menekan tombol di keyboard yaitu Windows dan R secara bersamaan. Pada kolom open ketik cmd.exe. Cara lainnya lagi adalah mengetik Command Prompt di kolom pencarian area toolbar.

Setelah tampilan command prompt muncul, ketik ipconfig. Dalam sekian detik IP wifi yang digunakan bisa diketahui. Command Prompt memang jarang digunakan untuk sebatas mengetahui IP Wifi, namun caranya tidak kalah cepat dan mudah dengan cara sebelumnya.

4. Website Uji Kecepatan Wifi

Tidak jarang orang penasaran dengan kecepatan wifi yang dipakai. Meskipun penyedia jasa layanan sudah menjelaskan dengan detail kecepatan yang didapat, waktu untuk mengunduh satu file saja bisa lama. Untuk itu pengguna memilih untuk menguji kecepatan wifi terlebih dahulu agar tidak menjadi keluhan atau masalah utama saat menggunakan wifi.

Website untuk uji kecepatan wifi banyak pilihannya. Ada yang sebatas menguji kecepatan dan hingga IP wifi yang digunakan. Pilih saja website dengan detail lengkap. Tombol mulai pada website uji yang dipilih bisa segera di klik dan tunggu beberapa saat.

5. Download Aplikasi

Keempat cara sebelumnya bisa diterapkan untuk pengguna wifi di handphone android. Ikon wifi di handphone bisa ditemukan dengan mudah dan lambang pengaturan sudah ada jalan pintasnya. Namun, cara satu ini hanya bisa digunakan di handphone android. Jika ingin memakai di perangkat komputer, pengguna membutuhkan software pendukung aplikasi android terlebih dahulu.

Salah satu aplikasi yang bisa dipilih adalah What is My IP Address. Ada banyak pilihan jika mengetik kata kunci IP atau Wifi di kolom pencarian Google Play. Bisa disesuaikan dengan ruangan penyimpanan yang tersisa di handphone. Aplikasi yang tersedia juga ada yang bisa mengecek kecepatan wifi yang digunakan.

Sudah tidak penasaran bukan? 5 cara mengetahui IP Wifi bisa dicoba sendiri dan untuk membantu orang lain. Nantinya kegunaan mengetahui IP Wifi tidak sebatas sebagai alat identifikasi pengguna. Tanpa perlu menunggu waktu lama, bisa sedikit tenang karena IP Wifi yang digunakan cukup aman dalam proses penggunaan terutama saat pengiriman data.

 

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengetahui IP Wifi Yang Paling Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel