5 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh, Ampuh!

iTutorial.id - Setiap handphone memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang berbeda-beda tergantung dari tipe handphone-nya. Ketika jumlah kapasitas memori internal pada handphone menipis, maka ruang penyimpanan akan penuh dan dapat menghambat kinerja handphone.  Adapun cara mengatasi ruang penyimpanan penuh yang ampuh, sebagai berikut:

1. Menggunakan Aplikasi Pembersih

Selain aplikasi dan berbagai file, pengguna perlu mengingat bahwa ada pastinya ada kehadiran file sampah dari berbagai aplikasi atau aktivitas. Maka salah satu cara mengatasi ruang penyimpanan penuh dalam hal ini, tentu saja adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih.



Pengguna dapat mencoba aplikasi pembersih Ccleaner, MobileGo dan juga aplikasi pembersih lainnya. Tidak perlu mengunduh banyak aplikasi, cukup unduh dan gunakan satu aplikasi saja yang tampaknya cukup berguna.

2. Melakukan Pembersihan Cache

Cache adalah tempat yang menyimpan data sementara yang dari berbagai aplikasi yang pernah digunakan sebelumnya. Cache ini memiliki kegunaan agar aplikasi-aplikasi tersebut dapat dibuka dengan cepat dan mudah.

Dengan manfaatnya itu, tentu terdapat juga kelemahannya. Jika jumlah cache pada aplikasi terus menumpuk, maka kinerja handphone akan melambat. Jadi, berusahalah untuk selalu membersihkan cache secara rutin. Ada pun cara membersihkan cache, yakni:

  • Buka ‘settings’ atau ‘pengaturan’.
  • Pilih apps’ atau ‘aplikasi’.
  • Tekan all’ atau ‘semua’.
  • Pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya.
  • Terakhir, pilih clear cache’ atau ‘bersihkan cache’.

Ulangi langkah tersebut untuk lanjut membersihkan cache aplikasi lainnya. Bisa juga dilakukan pembersihan semua file cache pada saat yang bersamaan agar lebih praktis. Caranya adalah dengan membuka ‘pengaturan’, buka ‘penyimpanan’, dan pilih ‘memori perangkat’. Selanjutnya pilih ‘data cache’ dan ‘hapus’, maka semua data cache dari  terhapus secara otomatis.

3. Membuang Aplikasi-Aplikasi yang Tidak Terpakai

Memiliki dan menggunakan banyak aplikasi, tentunya dapat memberikan dampak pada ruang penyimpanan terpakai. Jadi, hapuslah aplikasi yang tidak terpakai, tidak begitu berguna, dan aplikasi dengan kegunaan yang hampir sama dengan aplikasi lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone yang Praktis

Lalu biasanya ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dihapus karena merupakan bawaan sistem handphone. Tapi jangan begitu khawatir, karena hal ini juga bisa diatasi dengan mudah. Adapun caranya sebagai berikut: 

Buka settingsatau ‘pengaturan’.

Pada tab running’, pilih aplikasi tidak terpakai yang ingin dihentikan.

Terakhir, pilih disable’.

4. Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal (SD Card)

Hampir semua handphone jenis Android memberikan beberapa slot tambahan untuk ruang kartu memori eksternal atau SD Card. Jadi, pengguna dapat dengan mudah memindahkan beberapa  aplikasi yang dinilai menguras memori dengan jumlah besar ke dalam memori eksternal. Cara untuk melakukan pemindahan ini adalah sebagai berikut:

  • Buka settingsatau ‘pengaturan’.
  • Pilihapps atau ‘aplikasi’.
  • Kemudian pilih salah satu ketika daftar semua aplikasi muncul, pilih ‘move to kartu SD/SD Card atau ‘pindahkan ke memori SD’.

5. Memindahkan File Ke Memori Eksternal (SD Card)

Bukan hanya aplikasi saja yang dapat membuat kinerja handphone lambat karena memenuhi penyimpanan. File dokumen, foto, video, dan musik yang banyak juga akan membuat ruang penyimpanan menyempit, terutama yang berukuran besar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis pada Samsung

Bukan hal yang sulit untuk memindahkan semua foto, video, dan berbagai file lainnya dari penyimpanan internal itu ke SD Card. Jika merasa proses memindah file ini melelahkan karena terus dilakukan secara berulang kali dengan manual, maka dapat dilakukan cara berikut:

  • Buka settings atau ‘pengaturan’.
  • Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan, contohnya memilih ‘pengaturan kamera’.
  • Pilih ‘lokasi penyimpanan’.
  • Karena ini adalah kegiatan memindahkan ke memori eksternal, maka pilih ‘SD Cardatau ‘kartu memori’.

Itulah berbagai cara mengatasi ruang penyimpanan penuh yang ampuh. Cukup gunakan salah satu cara atau menggunakan banyak cara sekaligus, dan ruang penyimpanan tidak akan terasa sesak lagi. Langkah-langkahnya juga tidak sulit untuk diikuti.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh, Ampuh!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel