5 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo A37 Paling Ampuh

 iTutorial.id - Hp Oppo A37 muncul di pasar Indonesia sejak tahun 2016 dengan memiliki RAM 2/16 GB. Hp ini cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, jika terlalu banyak menginstal aplikasi, maka memori akan menjadi penuh, sehingga hp tidak bisa bekerja secara optimal. Berikut cara mengatasi memori penuh di Hp Oppo A37.

1. Menginstal Aplikasi sesuai Kebutuhan

Jika kebutuhan hp hanya untuk berkirim pesan, maka penggunaan aplikasi messengers sudah cukup untuk kegiatan sehari-hari. Namun, jika menyukai foto dan sosial media. Sebaiknya tidak perlu menginstal aplikasi game agar memori internal tetap optimal. Selalu hapus foto dan video yang tidak terpakai, atau gunakan memori eksternal untuk menyimpan gambar.



2. Hapus Pesan Tidak Penting di SMS dan Whatsapp

Hapuslah pesan SMS dan pesan gambar pada Whatsapp yang terlalu menumpuk dan tidak penting. Hal ini bisa menjadi pemicu memori internal hp Oppo A37 menjadi penuh jika memiliki pesan masuk yang memiliki banyak gambar hingga ribuan.

Baca Juga: Cara Melihat Subscriber yang Hilang di Youtube dengan Mudah

Cara mengatasi memori penuh di Hp Oppo A37 juga bisa dilakukan dengan pergi ke menu Pengaturan, lalu ke Memori Internal, pilih Whatsapp, dan pilih Pesan Terkirim. Hapus foto yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Bisa juga menonaktifkan unduh media otomatis pada Whatsapp agar tidak memenuhi pesan masuk di memori internal hp.

3. Hapus File Cache pada Pengaturan

Siapa sangka, jika aplikasi yang dijalankan setiap hari memiliki file cache yang sangat besar dan membuat kinerja hp semakin menurun. Hal ini harus rutin dibersihkan agar performa hp bisa optimal kembali. Caranya adalah gunakan aplikasi cleaner yang bisa diunduh melalui Play Store dan bisa juga melalui pembersihan cache pada bawaan hp Oppo A37 sendiri.

Caranya adalah buka menu Pengaturan, kemudian cari Setelan Tambahan, Lalu pilih Manajemen Aplikasi, dan terakhir cari Aplikasi yang banyak menghabiskan ruang di memori internal. Kemudian klik Hapus Cache dan selesai.

4. Pindahkan Galeri Foto, Video, Musik ke Memori Eksternal

Android selalu menyediakan slot memori eksternal untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan file lain di dalam hp nya. Dengan begitu, cara mengatasi memori penuh di Hp Oppo A37 ialah dengan memiliki kartu memori eksternal seperti Micro SD.

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui IP Wifi Yang Paling Mudah

Hal ini, merupakan cara untuk mengoptimalkan kinerja hp dan menjadikan alternatif pilihan dalam menyimpan galeri agar file selalu aman dan tidak hilang. Penggunaannya juga praktis bisa dibawa dan dipindahkan ke mana saja. Pastikan selalu memindahkan file gambar, video, dan musik di memori eksternal agar ruang penyimpanan memori internal tidak penuh.

5. Melakukan Setelan Pabrik

Jika cara di atas tidak memberikan pengaruh pada kinerja memori internal. Maka cara terakhir adalah pergi ke Setelan Pabrik. Setelan ini, ponsel akan mereset dan membersihkan seluruh keadaan hp menjadi awal lagi, sama seperti saat pertama kali membeli hp.

Pastikan sebelum mereset ke Setelan Pabrik, data-data sudah di back up dan dipindahkan ke perangkat lain, guna menghindari kehilangan data penting yang ada di hp. Caranya adalah klik Setelan Tambahan, kemudian klik Buat Cadangan dan Reset, lalu Hapus Data Aplikasi, dan selesai.

Setelah mengetahui cara mengatasi memori penuh di hp Oppo A37, jagalah selalu kinerja ponsel agar tetap optimal. Cara ini juga bisa digunakan pada smartphone Android lainnya. Pastikan menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan dan selalu simpan memori yang penting agar tidak kehilangan data yang dimiliki.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Oppo A37 Paling Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel