5 Cara Mengatasi Indosat Lemot Agar Kembali Lancar

iTutorial.id - Era teknologi yang serba cepat ini membuat segala sesuatu harus diselesaikan dengan segera, cara untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat adalah dengan dukungan koneksi jaringan provider Indosat yang maksimal. Namun seringkali jaringan Indosat berjalan lambat sehingga membuat pekerjaan jadi tidak maksimal.  Berikut 5 cara mengatasi Indosat lemot

1. Atur APN Indosat

Cara mengatasi Indosat lemot adalah dengan cara mengatur APN Indosat, pengaturan default Indosat yang ada di smartphone adalah Indosatgprs. Agar Indosat tidak lemot coba sesuaikan pengaturan koneksi APN nya dengan cara setting nama, username dan password dengan kata kunci Indosat lalu setting APN dengan kata kunci Indosatgprs.



2. Restart Handphone

Jika koneksi Indosat lemot mungkin cara mudah ini bisa dicoba, coba restart handphone dan tunggu beberapa saat. Biasanya selang beberapa waktu setelah handphone di restart koneksi Indosat akan berjalan normal kembali. Meski terkesan simple tak ada salahnya mencoba langkah ini.

3. Ubah Pengaturan ke Sinyal 4G

Saat ini banyak koneksi provider beralih ke sinyal 4G dan sudah mulai meninggalkan koneksi sinyal 3G. Meski demikian masih banyak pengguna smartphone yang menggunakan sinyal 3G, akibatnya koneksi internet berjalan lambat. Cara mengatasi Indosat lemot bisa mulai dengan cara beralih ke pengaturan sinyal 4G.

Baca Juga: 7 Cara Memperluas Jangkauan Wifi Indihome Paling Ampuh

Pengaturan sinyal 4G harus didukung dengan beberapa faktor seperti kapasitas smartphone yang dimiliki, kartu Indosat dan lokasi yang mendukung sinyal 4G. Jika semua unsur tersebut terpenuhi segera ubah pengaturan sinyal 3G menjadi sinyal 4G. Jika pengguna sudah beralih ke sinyal 4G konektivitas internet Indosat tidak akan lemot.

Hal ini didukung pula dengan lokasi tempat tinggal, umumnya pengguna yang tinggal di kota besar lebih mudah mendapat konektivitas internet yang cepat dibanding pengguna internet yang tinggal di lokasi terpencil yang jauh dari jangkauan tower Indosat.

4. Gunakan Di Waktu Tertentu

Banyak pengguna memilih menggunakan jaringan internet untuk melakukan kegiatan atau menyelesaikan pekerjaan di malam hari. Hal ini karena traffic pengguna internet di malam hari jauh lebih sedikit dibandingkan pagi atau siang hari yang memiliki traffic yang cukup padat.

Traffic yang padat tentu membuat koneksi internet menjadi lemot, cara mengatasi Indosat lemot salah satunya adalah gunakan koneksi internet Indosat di malam hari di jam-jam pengguna mayoritas sudah tidak dalam waktu bekerja.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Kartu Telkomsel yang Tidak Bisa Connect

Umumnya pengguna internet di malam hari adalah tipe orang yang suka begadang menyelesaikan pekerjaan yang di waktu pagi hari belum selesai, atau orang-orang yang memang aktifitasnya banyak dilakukan di malam hari ketimbang pagi atau siang hari untuk berselancar di dunia digital.

5. Kosongkan Cache Browser yang Menumpuk

Sebagian pengguna internet beranggapan jika jaringan internet lemot karena ada gangguan pada sistem konektifitasnya. Namun ada hal lain yang perlu diketahui bahwa jaringan internet yang lemot seringkali disebabkan karena cache browser di dalam perangkat smartphone yang menumpuk.

Cache browser yang menumpuk di dalam smartphone akan membuat koneksi internet menjadi lebih lambat. Bagi pengguna yang masih awam dengan apa itu cache browser, cache browser adalah tempat penyimpanan data yang di proses di dalam smartphone atau komputer. Cache berfungsi sebagai tempat menyimpan data, text atau foto dalam smartphone.

Jika ada banyak data dalam cache browser, otomatis akan membuat penyimpanan internal smartphone menjadi penuh dan membuat koneksi menjadi lambat. Sebaiknya kosongkan sebagian cache browser didalam ruang penyimpanan data internal agar tidak terlalu penuh. Setelah Sebagian cache browser dikosongkan otomatis koneksi internet akan kembali normal.

Demikian 5 cara mengatasi Indosat lemot yang bisa dilakukan agar  koneksi internet kembali lancar.

 

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Indosat Lemot Agar Kembali Lancar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel