5 Cara Mengatasi Application Error 0xc0000005 Windows 7

iTutorial.id - Notifikasi application error 0xc0000005 Windows 7 biasanya muncul ketika hendak menjalankan sebuah software yang memiliki ekstensi file exe. Pesan error seperti ini pasti akan sangat mengganggu pengguna, lalu bagaimana cara mengatasi application error 0xc0000005 Windows 7.

Seperti penyebab terjadinya software ketika mengalami kendala error yang variatif, cara mengatasinya juga berbeda-beda tergantung pada alasan terjadinya error. Beberapa alasan kode Error 0xc0000005 pada Windows 7 kebanyakan karena malware, registry file korup dan lainnya.



Windows 7 sering mendapatkan banyak trouble seperti Error 0xc0000005 karena penerapan anti virusnya belum maksimal. Tidak seperti Windows 8 atau 10 yang sudah dilengkapi dengan Defender bawaan Windows dan terjamin keamanannya.

Apalagi Microsoft sudah mengumumkan bahwa Windows 7 berhenti beroperasi, sebaiknya cepatlah upgrade Windows terbaru jika tidak ingin mudah terkena virus. Simak 5 cara mengatasi Application Error 0xc0000005 Windows 7 berikut ini.

1. Re-install Software

Perhatikan software apa yang mengalami problem Error 0xc0000005, jika misalkan aplikasi yang bermasalah adalah Chrome. Maka re-install Chrome bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi error ini.

Software yang terjangkit malware biasanya bisa dengan mudah diperbaiki dengan cara re-install atau instal ulang. Caranya sangat mudah, pada kasus ini misalnya aplikasi Chrome jika mengalami Error 0xc0000005, berikut cara reinstallnya.

  • Lakukan uninstall Chrome di Control Panel
  • Masuk Control Panel bisa melalui Search Bar atau fitur Run  dan lainnya
  • Kemudian pilih Uninstall Program
  • Pilih software yang ingin di uninstall, disini contohnya Chrome
  • Tunggu proses sampai selesai
  • Reboot atau Restart PC jika diperlukan
  • Kemudian download installer Chrome baru yang masih fresh dari web resminya
  • Lakukan instalasi Chrome

Jika masalah yang terjadi memang disebabkan oleh malware, biasanya cara ini cukup efektif untuk dilakukan. Namun, ketika telah melakukan reinstall software tapi masalah Error 0xc0000005 masih tetap terjadi, mungkin bisa dicoba cara yang lainnya.

2. Temukan Penyebab Error Menggunakan Hardware Troubleshooter

Hardware troubleshooter merupakan fitur bawaan dari Windows yang bisa digunakan untuk mendeteksi masalah yang terjadi pada komputer. Penyebab error 0xc0000005 mungkin saja bisa ditemukan dengan troubleshooter ini.

Troubleshooter bisa ditemukan pada Control Panel, cari saja menu Troubleshooting lalu pilih Hardware and Device. Tunggu troubleshooter melakukan scan pada komputer, kemudian ikuti petunjuk dan prosedur perbaikan sampai selesai.

3. Update Disk Driver

Rajinlah untuk melakukan pengecekan pada driver yang terinstal di Device Manager, jangan sampai ada tanda warning pada salah satu Driver. Jika itu terjadi kemungkinan ada driver yang belum terinstal atau membutuhkan update pada komputer.

Driver yang mengalami error akan menyebabkan masalah pada software salah satunya seperti error 0xc0000005. Untuk mengatasinya cukup melakukan update driver pada Device Manager atau re-install driver yang mengalami masalah.

4. Lakukan System Restore

Windows memiliki sebuah fitur untuk menyimpan backup untuk dijadikan sebagai restore point. Ketika terjadi masalah pada komputer pengguna bisa dengan mudah mengembalikan pengaturan komputer ke masa lalu agar terasa seperti baru.

5. Install Ulang Windows

Setelah melakukan cara diatas tapi belum bisa menyelesaikan problem error 0xc0000005 pada Windows 7, sebaiknya lakukan instal ulang sistem operasi. Tinggalkan Windows 7 yang rentan terhadap malware dan beralih ke Windows terbaru yang lebih aman.

Cara mengatasi application error 0xc0000005 Windows 7 pada akhirnya sama dengan beragam problem yang terjadi pada komputer kebanyakan. Muara akhirnya adalah instal ulang, sebagai obat untuk mengobati segala macam masalah yang terjadi pada komputer.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Application Error 0xc0000005 Windows 7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel