5 Cara Memperbaiki Headset Yang Mati Sebelah Dengan Simple

iTutorial.id - Headset merupakan perangkat yang wajib dimiliki para pecinta musik untuk merasakan pengalaman mendengarkan audio yang mengesankan.   Tetapi apa jadinya jika headset yang biasa menemani aktivitas gaming atau mendengarkan musik mengalami kendala seperti rusak sebelah? Berikut 5 cara memperbaiki headset yang mati sebelah dengan simple, dan bisa dilakukan di rumah.

1. Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah Apabila Kerusakan Terdapat pada Kabel

Suara yang hanya terdengar di salah satu sisi headset, baik kanan maupun kiri bisa jadi disebabkan oleh kerusakan pada kabel. Untuk itu, apabila hal ini terjadi, langkah pertama yang dilakukan adalah memeriksa permukaan kabel untuk mengetahui secara pasti bagian mana yang terdapat masalah.



Raba dan tekuk kabel perlahan secara keseluruhan. Apabila terdengar suara ketika kabel ditekuk, maka kemungkinan ada bagian kabel yang putus. Setelah kerusakan ditemukan, sayat kulit kabel secara vertikal menggunakan cutter, jangan sampai terputus. Langkah terakhir, sambungkan bagian kabel menggunakan selotip kabel/ bening biasa. Setelah itu tutup kembali robekan kulit kabel menggunakan selotip.

2. Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah Apabila Kerusakan Terdapat pada Speaker

Apabila permasalahan terdapat pada speaker, cara memperbaiki headset yang mati sebelah bisa dilakukan dengan memeriksa bagian dalam speaker. Apabila ditemukan kerusakan berupa kabel yang terputus pada chip, sambungkan menggunakan solder dengan timah. Setelah proses penyambungan selesai, tutup kembali speaker headset dengan hati-hati.

3. Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah saat Disambungkan pada Komputer/PC

Terkadang permasalahan headset mati sebelah bisa juga diakibatkan oleh pengaturan audio pada PC yang salah, sehingga headset tidak berfungsi secara optimal. Bagi pengguna windows 10, bisa terlebih dahulu memeriksa pengaturan audio dengan merubah output audio dari stereo menjadi mono.

Baca Juga: 7 Cara Mengetahui Ada Aplikasi Penyadap HP yang Wajib di Pelajari

Pertama, buka setting dari menu start, kemudian pilih ease of access yang terdapat di sebelah kanan. Selanjutnya pilih menu audio hingga memunculkan tampilan pengaturan. Geser toggle ke sebelah kanan untuk merubah stereo menjadi mono. Terakhir, cek kembali headset yang tersambung pada PC dengan cara memutar musik.

4. Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah Akibat Terputus Dari Konektornya

Apabila konektor yang terdapat pada headset terputus, solusi yang dapat diambil bisa dengan cara membeli konektor jack berukuran 3.5 mm di toko peralatan listrik. Sambung kabel dengan konektor menggunakan selotip hitam, pastikan tidak ada bagian yang keluar agar terhindar dari sengatan listrik saat headset digunakan.

5. Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah Akibat Kerusakan pada Colokan Stereo

Cara memperbaiki headset yang mati sebelah apabila colokan stereo mengalami kerusakan yakni dengan membeli colokan stereo baru yang memiliki ukuran sama. Sayat bagian ujung kabel sebagai langkah pertama, kemudian pisahkan kawat logam dari kabel untuk disambungkan dengan isolator. Hubungkan kabel pada pin yang bentuknya seperti cincin dan solder dengan timah sebagai perekat.

Baca Juga: 5 Cara Mengunci Aplikasi Samsung yang Mudah

Setelah proses solder selesai tutup kembali steker, pastikan pada proses ini posisi kabel yang tersambung dengan colokan stereo tepat. Cobalah headset yang telah diperbaiki, apabila suara yang keluar masih mengalami kendala, periksa kembali posisi tutup steker dan coba kembali sampai berhasil.

Itulah 5 cara memperbaiki headset yang mati sebelah dengan simple dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Selain menghemat biaya, juga dapat melatih kemandirian dan kreativitas untuk mengisi waktu luang di rumah. Namun jika semua cara sudah dilakukan namun headset masih tidak menyala, mungkin perlu dibawa untuk di service atau harus ganti dengan handset baru.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Memperbaiki Headset Yang Mati Sebelah Dengan Simple "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel